Rabu 28 Jun 2023 22:39 WIB

Warna Baju Terbaik untuk Foto, Bisa Bikin Hasil Foto Tambah Bagus

Fotografer memberikan beberapa rekomendasi warna terbaik untuk dipakai saat berfoto

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang memilih baju (ilustrasi). Setidaknya ada lima warna baju terbaik untuk berfoto.
Foto: www.freepik.com
Seorang memilih baju (ilustrasi). Setidaknya ada lima warna baju terbaik untuk berfoto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berhasil mengambil foto yang menakjubkan menjadi salah satu perasaan yang menyenangkan. Terkadang, semua komponen menyatu, seperti mengenakan pakaian yang sempurna, rambut tertata rapi, dan latar belakang foto yang tampak seperti adegan dari film.

Fotografer profesional banyak trik untuk bisa membuat foto tampak menakjubkan, termasuk mengetahui warna terbaik untuk dikenakan dalam foto. Apa pun kesempatannya, entah itu foto profesional atau penampilan video, setiap orang pasti akan mengambil foto bersama teman.

Baca Juga

Melansir dari Best Life, Selasa (27/6/2023), fotografer memberikan beberapa rekomendasi warna terbaik untuk dipakai saat berfoto:

1. Biru navy

 

Seorang fotografer pernikahan di Northwest Arkansas, Kari Bjorn, mencatat bahwa warna ini berfungsi baik untuk foto di dalam maupun di luar ruangan. Tapi terutama lebih bersinar saat berada di luar ruangan.

“Saya selalu ingin subjek saya keluar dari latar belakang, dan warna biru navy melakukannya di semua musim. Navy sangat kontras dengan semua warna hijau di musim panas, serta jeruk, merah, dan cokelat di musim gugur,” kata dia.

2. Merah

“Merah menarik perhatian, dan jika saya ingin semua mata terpaku pada seseorang di foto saya, saya lebih suka mereka memakai warna merah sehingga itu adalah hal yang paling terlihat di foto,” kata Bjorn.

Rupanya, ini adalah taktik industri yang umum. Fotografer Life dan National Geographic terkenal membuat orang mengenakan pakaian merah karena alasan yang sama. Jika warna merah terang terasa terlalu berani, pilihlah warna burgundy atau anggur.

3. Hijau tua

"Warna hijau tua dapat membantu menonjolkan warna pada kulit dan membuat subjek menonjol dengan banyak latar belakang," kata seorang fotografer pernikahan di Montana, Charles Moll.

Warna yang kaya ini menciptakan pemisahan yang baik antara subjek dan latar belakang, yang membantu subjek menonjol dan menghasilkan foto yang lebih dinamis. Apa pun warna kulitnya, jika ada warna hijau tua, maka akan sesuai dengan gaya subjeknya.

4. Putih

Pakar fashion di Style With Ingrid, Ingrid Leo, mengatakan warna putih dianggap sebagai warna yang menyanjung secara universal dalam foto. "Ini dapat memberikan kilau alami pada wajah dan menciptakan estetika yang segar dan bersih," katanya.

Untuk menemukan kulit putih terbaik, pergilah ke department store dan cobalah berbagai pakaian berwarna gading, krem, dan putih cerah. Salah satu warna itu kemungkinan akan membuat kulit muncul dengan cara yang tidak dapat disangkal.

Leo menyarankan memasangkan warna putih dengan mutiara atau perhiasan perak untuk meningkatkan pancarannya secara keseluruhan. Tetapi untuk berfoto dengan background berwarna putih juga, maka tidak disarankan memakai baju berwarna putih.

5. Earth tone

“Warna bumi (atau earth tone), terutama cokelat tua atau krem, secara universal menyanjung dalam fotografi karena rona netral dan hangat yang meningkatkan berbagai warna kulit tanpa berbenturan dengan latar belakang,” kata fotografer profesional dan salah satu pendiri LensesPro, Stacy Witten.

Ia sering menggunakan warna-warna ini dalam pengaturan alami untuk komposisi yang menyenangkan secara visual. Bisa juga berfoto sembari memadu padankan dengan barang yang memiliki warna serupa, maka akan membuat seseorang merasa lebih percaya diri.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement