Rabu 28 Jun 2023 21:22 WIB

Daging Kambing Ternyata Punya Banyak Manfaat Mengagumkan Bagi Kesehatan

Daging kambing ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Daging kambing (ilustrasi). Daging kambing kambing ternyata punya banyak manfaat mengagumkan bagi kesehatan.
Foto: fleisher
Daging kambing (ilustrasi). Daging kambing kambing ternyata punya banyak manfaat mengagumkan bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam sedang memperingati Idul Adha di seluruh dunia. Perayaan ini untuk menghormati keikhlasan Nabi Ibrahim AS kala mengorbankan anaknya atas perintah Allah SWT.

Pada momen ini, umat Islam menyembelih hewan qurban, baik kambing maupun sapi. Daging akan dibagi-bagikan kepada kerabat dan orang yang membutuhkan.

Baca Juga

Selain kepentingan budaya dan kuliner, daging kambing ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan. Karena komposisinya yang sederhana dan kandungan proteinnya yang tinggi, daging kambing dikemas dengan nutrisi penting. Salah satu keunggulan daging kambing adalah rendah kolesterol.

Dilansir laman News 18 pada Rabu (28/6/2023), berikut berbagai keuntungan kesehatan yang terkait dengan konsumsi daging kambing sehingga menjadikannya pilihan menarik untuk pola makan sehat:

 

1. Tingkat kolesterol rendah

Daging kambing menonjol karena kadar kolesterolnya yang lebih rendah dibandingkan dengan daging lainnya. Dengan memilih daging kambing, individu dapat memprioritaskan kesehatan jantungnya sambil tetap menikmati pilihan daging yang lezat dan bergizi.

2. Kaya protein

Daging kambing merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan, mendukung pertumbuhan otot, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Daging kambing mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Lebih rendah lemak

Dibandingkan daging lainnya seperti sapi, kambing memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Lemaknya relatif ramping dan mengandung lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

4. Nutrisi penting

Daging kambing kaya akan nutrisi penting seperti zat besi, seng, fosfor, dan vitamin B12. Zat besi sangat penting untuk produksi sel darah merah, sedangkan seng mendukung fungsi kekebalan tubuh dan penyembuhan luka. Fosfor sangat penting untuk kesehatan tulang, dan vitamin B12 berperan penting dalam fungsi saraf dan pembentukan sel darah merah.

5. Mudah dicerna

Daging kambing dikenal karena daya cernanya yang sangat baik. Memiliki serat otot yang lebih pendek dan kandungan lemak yang lebih rendah, sehingga lebih mudah untuk memecah dan menyerap nutrisi. Ini bisa sangat bermanfaat bagi individu dengan masalah pencernaan, atau mereka yang kesulitan mencerna daging yang lebih berat.

6. Potensi alergen rendah

Daging kambing memiliki potensi alergen yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi dan babi. Beberapa orang yang mengalami alergi atau kepekaan terhadap daging lain mungkin menganggap kambing sebagai alternatif yang cocok.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement