Rabu 28 Jun 2023 17:18 WIB

Jangan Takut Makan Daging Kambing, Ini Manfaatnya

Daging kambing dianggap sebagai salah satu daging merah paling sehat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Olahan daging kambing bisa mendatangkan manfaat untuk kesehatan/ilustrasi
Foto:

2. Tinggi zat besi

Dalam hal zat besi, memilih daging kambing berarti mendapatkan lebih banyak dengan mengurangi lebih sedikit. Daging kambing mengandung sekitar 3,2 mg zat besi per 85 gram. Ini hampir dua kali lipat jumlah zat besi yang ditemukan pada daging sapi tanpa lemak (1,8 mg), dan dada ayam (0,42 mg).

Zat besi adalah mineral penting yang dikonsumsi dalam makanan. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat membuat hemoglobin, atau protein yang ditemukan dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, besi sangat penting untuk banyak proses, seperti, pengaturan suhu tubuh, dukungan kekebalan, dan produksi energi.

3. Vitamin B12

Daging kambing merupakan sumber vitamin B12. Vitamin B12 (juga dikenal sebagai cobalamin) merupakan nutrisi penting yang memainkan banyak peran dalam tubuh, termasuk, produksi energi dalam sel, sintesis DNA, fungsi sel saraf, pembentukan sel darah merah.

4. Potasium/Kalium

Daging kambing tinggi potasium, mengandung sekitar 344 mg per 85 gram, atau 10 persen dari DV. Sebagai perbandingan, satu buah pisang berukuran sedang (115 gram) mengandung sekitar 375 mg potasium. Kalium adalah nutrisi dan elektrolit yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga fungsi sel, terutama sel saraf dan otot.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement