Rabu 28 Jun 2023 00:09 WIB

Sering tak Disadari, Tanda Awal Diabetes Ini Muncul di Mulut dan Gigi

Diabetes merupakan penyakit kronis yang sering kali muncul tanpa gejala.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Menyikat gigi. Menurut dokter gigi, ada tanda khas diabetes yang bisa terdeteksi saat pemeriksaan gigi.
Foto:

Penyakit periodontal dapat memicu tanda-tanda peringatan lebih lanjut, termasuk bau mulut dan bahkan kehilangan gigi. Tanda-tanda lain yang bisa menjadi pertanda diabetes adalah mulut kering, yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap ulserasi dan kerusakan gigi.

"Selain itu, Anda juga rentan terkena sariawan karena hal ini dapat memengaruhi cara tubuh melawan infeksi. Hal ini dapat membuat gusi berisiko mengalami peradangan karena bakteri yang hidup dalam plak," kata Mahmood.

photo
Polifagia, gejala awal diabetes. - (Republika)

Salah satu tanda utama diabetes yang dapat menandakan kondisi yang berpotensi mengancam jiwa adalah bau mulut. Mahmood menjelaskan, napas berbau buah dapat menjadi tanda ketoasidosis diabetik, di mana kadar gula darah sangat tinggi sehingga mulai berubah menjadi asam.

"Namun, sebagai dokter gigi, kami selalu bekerja di sekitar mulut dan dapat mencium aroma mulut yang khas ini," ungkap Mahmood.

Tanda terakhir yang harus diwaspadai adalah infeksi jamur mulut. "Tetaplah melakukan pemeriksaan rutin sehingga dokter gigi dapat memantau setiap perubahan yang terjadi secara detail," kata Mahmood.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement