Senin 26 Jun 2023 04:55 WIB

Aktor Ini Pernah Berencana Filmkan Titanic Menggunakan Kapal Selam Titan

Beruntung rencana memakai kapal Titan itu dibatalkan karena masalah keamanan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aktor, penulis, dan presenter TV Ross Kemp sempat berencana untuk memfilmkan acara televisi yang melibatkan penyelaman ke lokasi bangkai kapal Titanic menggunakan kapal selam Titan.
Foto: AP
Aktor, penulis, dan presenter TV Ross Kemp sempat berencana untuk memfilmkan acara televisi yang melibatkan penyelaman ke lokasi bangkai kapal Titanic menggunakan kapal selam Titan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aktor, penulis, dan presenter TV Ross Kemp merencanakan untuk memfilmkan acara televisi yang melibatkan penyelaman ke lokasi bangkai kapal Titanic menggunakan kapal selam OceanGate, Titan. Namun, rencana itu dibatalkan karena masalah keamanan.

Aktor yang dikenal sebagai Grant Mitchell di “EastEnders” itu akan mengunjungi bangkai kapal di kapal selam pada tahun lalu. Namun, perusahaan TV Atlantic Productions menganggap kapal selam Titan tidak cocok untuk tujuan tersebut. Kapal selam Titan milik OceanGate diketahui meledak dan menewaskan kelima penumpangnya selama perjalanan ke bangkai kapal Titanic pada Ahad (18/6/2023) lalu.

Baca Juga

Perwakilan Kemp di perusahaan manajemen bakat independen terkemuka di Inggris, InterTalent, Jonathan Shalit mengatakan perusahaan produksi telah melakukan pemeriksaan pada kapal selam OceanGate, tetapi menganggapnya tidak aman. "Mereka menemukan kapal selam lain yang aman dan berhasil, tetapi pada saat itu, Ross sangat sibuk dengan semua acara TV-nya sehingga dia tidak dapat meluangkan waktunya," kata Shalit dilansir BBC News, Ahad (25/6/2023).

Shalit bersyukur Kemp mengurungkan niatnya itu, sehingga dia tidak memiliki sejarah ucapan duka cita atas meninggalnya Ross Kemp karena menaiki Titan. Surat kabar The Sun melaporkan Kemp ingin memperingati 110 tahun tenggelamnya Titanic pada 2022. Kemp sebelumnya telah mengambil bagian dalam program “Sky History” yang melibatkannya menyelam di laut dalam, termasuk Shipwreck Treasure Hunter dan Deep Sea Treasure Hunter.

The US Coast Guard mengonfirmasi kelima orang di kapal selam Titan OceanGate tewas seketika dalam bencana ledakan yang hebat, di mana bagian-bagian kapal ditemukan di dekat reruntuhan bangkai Titanic. Lima orang di dalamnya adalah CEO OceanGate, Stockton Rush; penjelajah miliarder Inggris Hamish Harding; penyelam Prancis Paul-Henry Nargeolet; dan ayah dan anak, Shahzada Dawood dan Suleman Dawood.

Spesialis eksplorasi laut dalam terkemuka Rob McCallum mengatakan pernah memperingatkan CEO OceanGate, Stockton Rush pada 2018 bahwa dia berpotensi membahayakan kliennya. McCallum mendesak Rush untuk berhenti menggunakan kapal selam itu sampai disertifikasi oleh lembaga independen.

Dalam kiriman surat elektronik yang dilihat BBC News, Rush menolak kekhawatiran soal keamanan Titan dan menganggapnya sebagai omongan tak berdasar. Rush menyebut peringatan itu sebagai penghinaan pribadi yang serius. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement