Ahad 25 Jun 2023 06:23 WIB

Film Kapal Selam Terbaik, Ada yang Berakhir Tragis dan Diangkat dari Kisah Nyata

Beberapa peristiwa tragis yang melibatkan kapal selam diangkat menjadi film.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Poster film Kursk. Film ini menjadi salah satu film bertema kapal selam yang memiliki akhir tragis dan diangkat dari kisha nyata.
Foto: EuropaCorp
Poster film Kursk. Film ini menjadi salah satu film bertema kapal selam yang memiliki akhir tragis dan diangkat dari kisha nyata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tragedi kapal selam OceanGate, Titan, yang menjelajahi reruntuhan kapal Titanic meninggalkan luka dalam, baik keluarga korban maupun publik. Setelah hilang kontak sejak Ahad (18/6/2023), tim penyelamat akhirnya menemukan puing-puing kapal.

Kapal diduga mengalami implosion dan menewaskan kelima penumpang. Titan OceanGate bukan satu-satunya kapal selam yang berakhir tragis. Ada kapal selam lain yang juga bernasib nahas. Bahkan beberapa cerita diangkat ke layar lebar.

Baca Juga

Berikut lima rekomendasi film bertema kapal selam, seperti dirangkum Republika.co.id, Sabtu (24/6/2023):

1. Phantom (2013)

photo
Salah satu adegan di film Phantom. - (Kadokawa Corporation)

 

Phantom adalah film yang dirilis pada 2013 dan disutradarai oleh Todd Robinson. Phantom merupakan film thriller yang menceritakan kapal selam Soviet selama Perang Dingin tahun 1960-an.

Film ini dibintangi oleh Ed Harris sebagai Kapten Dmitri Zubov, seorang kapten veteran Angkatan Laut Soviet yang diberi misi rahasia menggunakan perangkat yang disebut Phantom untuk menyamarkan kapalnya sebagai kapal yang berbeda. David Duchovny berperan sebagai Bruni, agen nakal yang berencana menggunakan Phantom untuk memulai perang nuklir antara Amerika Serikat dan Cina. William Fichtner berperan sebagai Alex Kozlov, pejabat eksekutif Zubov yang mencoba menghentikan rencana Bruni.

Film berdasarkan pada peristiwa nyata yang melibatkan tenggelamnya kapal selam K-129 pada 1968. Film ini menggambarkan ketegangan dan drama di dalam kapal selam saat Zubov dan kru setianya berhadapan dengan Bruni dan anak buahnya. Film ini juga mengeksplorasi perjuangan pribadi Zubov dengan kegagalan masa lalunya dan masalah kesehatannya.

2. K-19: The Widowmaker (2002)

photo
Salah satu adegan di film K-19: The Widowmaker. - (Paramount Pictures, Constantin Film)

 

K-19: The Widowmaker adalah film yang dirilis pada 2002 dan disutradarai oleh Kathryn Bigelow. Film ini berdasarkan kejadian nyata yang terjadi pada tahun 1961. K-19 adalah kapal selam percobaan Soviet yang diisi dengan hulu ledak nuklir.

Film dibintangi Harrison Ford sebagai Kapten Alexei Vostrikov, seorang kapten Angkatan Laut Soviet yang diberi misi rahasia untuk menguji coba rudal dan berpatroli di Atlantik. Liam Neeson berperan sebagai Kapten Mikhail Polenin, kapten asli K-19 yang menjadi pejabat eksekutif Vostrikov.

Film ini menggambarkan drama dan tragedi yang terungkap ketika K-19 mengalami kerusakan pada reaktor nuklirnya pada pelayaran perdananya. Para kru harus berpacu dengan waktu untuk mencegah bencana nuklir yang dapat memicu perang dunia.

3. Kursk (2018)

photo
Salah satu adegan di film Kursk. - (EuropaCorp)

 

Kursk merupakan film yang dirilis pada 2018 dan disutradarai oleh Thomas Vinterberg. Film thriller drama bencana ini berdasarkan buku Robert Moore A Time to Die, tentang kisah nyata kapal selam Kursk tahun 2000.

Film ini dibintangi Matthias Schoenaerts sebagai Mikhail Averin, seorang perwira Angkatan Laut Rusia yang terjebak di Kursk bersama 22 orang lainnya. Léa Seydoux berperan sebagai Tanya Averina, istri Mikhail yang berjuang mendapatkan informasi dan bantuan dari pihak berwenang. Colin Firth berperan sebagai Komodor David Russell, seorang perwira angkatan laut Inggris yang menawarkan bantuannya kepada Rusia.

Film ini menampilkan drama dan tragedi yang terungkap saat Kursk mengalami dua ledakan besar selama latihan angkatan laut di Laut Barents. Film ini juga menggambarkan upaya putus asa dari para penyintas untuk tetap hidup di kapal selam yang tenggelam sementara keluarga dan teman mereka menuntut jawaban dan tindakan dari pemerintah Rusia.

4. U-571 (2000)

photo
Salah satu adegan di film U-571. - (Universal Pictures, StudioCanal, Summit Enter)

 

U-571 adalah film yang dirilis pada tahun 2000 dan disutradarai oleh Jonathan Mostow. Film ini menggambarkan versi fiksi dari penangkapan buku kode mesin Enigma dari U-boat Jerman oleh pelaut Amerika Serikat (AS)

Film dibintangi Matthew McConaughey sebagai Letnan Tyler, seorang perwira Angkatan Laut AS yang memimpin pesta asrama. Bill Paxton berperan sebagai Letnan Komandan Dahlgren, komandan Tyler yang terluka selama misi. Harvey Keitel berperan sebagai Chief Klough, kepala kapal yang membantu Tyler. Jon Bon Jovi berperan sebagai Emmett, seorang anggota kru yang tewas dalam penyerangan.

Film tersebut menampilkan aksi dan ketegangan yang terjadi ketika para pelaut Amerika menyamar sebagai orang Jerman dan menaiki U-571 yang telah dirusak oleh kapal perusak Inggris. Mereka berhasil merebut mesin Enigma dan buku kode, tetapi kapal selam mereka sendiri ditenggelamkan oleh U-boat Jerman lainnya. Mereka harus menggunakan U-571 untuk melarikan diri dan menghindari musuh sekaligus menghadapi masalah mekanis dan anggota kru yang bermusuhan.

5. Black Sea (2014)

photo
Salah satu adegan di film Black Sea. - (Film4 Productions; Cowboy Films; Etalon Film)

 

Black Sea merupakan film yang dirilis pada 2014 dan disutradarai oleh Kevin Macdonald. Ini adalah film thriller petualangan tentang seorang kapten kapal selam yang memimpin kru yang tidak sesuai untuk mencari U-boat Nazi yang tenggelam berisi emas.

Film dibintangi Jude Law sebagai Robinson, mantan pekerja penyelamat laut yang dipecat dari pekerjaannya dan memutuskan mengambil misi berisiko yang didanai oleh pendukung misterius. Scoot McNairy berperan sebagai Daniels, perwakilan pendukung yang bergabung dalam ekspedisi.

Film ini menunjukkan aksi dan ketegangan yang terjadi ketika para kru menaiki kapal selam Soviet tua dan menyelam ke Laut Hitam di mana mereka menghadapi bahaya dari Angkatan Laut Rusia serta keserakahan dan ketidakpercayaan mereka sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement