Rabu 21 Jun 2023 23:28 WIB

Etika Mengirim Chat, Ada Batasannya dan Jangan 'Dilanggar'

Ada aturan 'tak tertulis' ketika mengirim chat agar semua berjalan lancar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang mengirim pesan singkat atau chat (ilustrasi). Ada beberapa etika yang perlu Anda perhatikan ketika mengirim chat kepada seseorang.
Foto: www.freepik.com
Seseorang mengirim pesan singkat atau chat (ilustrasi). Ada beberapa etika yang perlu Anda perhatikan ketika mengirim chat kepada seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cara berkomunikasi sekarang semakin beragam. Dulu komunikasi bisa dilakukan dengan cara mengirim surat, berbicara melalui telepon, mengirim SMS, namun sekarang komunikasi datang dalam bentuk email, bertukar pesan melalui aplikasi perpesanan dan lain sebagainya.

Dalam berkirim pesan, biasanya ada aturan agar semuanya berjalan lancar dan tidak merugikan lawan bicara kita. Pertama, pikirkan teks grup seperti makan malam. Michelle Markowitz, salah satu penulis buku Hey Ladies!: The Story of 8 Best Friends, 1 Year, and Way, Way Too Many Emails mengatakan lebih mudah menemukan teks grup di Instagram atau di tempat lain.

Baca Juga

“Di situlah mereka (kerabat remaja) tampak benar-benar hidup,” kata Markowitz, dilansir Washington Post, Rabu (21/6/2023),

Markowitz dan rekan penulisnya, Caroline Moss menggali banyak cara komunikasi kelompok menjadi serbasalah. Teks grup menghasilkan ratusan notifikasi, sering diisi dengan orang asing, dan utas itu tidak pernah hilang.

Markowitz menyarankan untuk meluangkan waktu sejenak untuk membiarkan semua orang di grup menyebutkan nama mereka dan mengklarifikasi bagaimana mereka mengenal satu sama lain. Jika Anda perlu menyelesaikan sesuatu dengan anggota grup tertentu, mulailah percakapan teks baru alih-alih membuat semua orang membaca pesan Anda bolak-balik.

Kedua, huruf kapital dan tanda baca. Markowitz mengungkapkan teks yang bagus masuk akan bagi penerimanya, tetapi tidak perlu berkonsultasi dengan buku tata bahasa. Melewatkan kapitalisasi atau meninggalkan tanda tanya tidak menunjukkan kurangnya rasa hormat.

Ketiga, tanggapan tidak wajib, tetapi ucapan terima kasih itu bagus. Penulis Amerika Serikat Lizzie Post mengatakan, beberapa tahun terakhir ini sulit, dan semakin banyak tanggapan teks dimulai dengan "maaf atas keterlambatannya". Ingatlah bahwa banyak teks yang hilang karena kesibukan atau kabut otak, dan jika Anda benar-benar membutuhkan jawaban, kirimkan tindak lanjut yang baik.

Di sisi lain, Post mengatakan perlu diingat bahwa teks yang tidak terjawab membuat orang merasa khawatir. Sebuah catatan singkat yang memberi tahu mereka bahwa Anda telah melihat pesan mereka dan akan menanggapi ketika Anda punya waktu dapat mengurangi beberapa kekhawatiran terkait teks.

Keempat, jangan merespons dengan kata singkat. Ingatlah bahwa generasi yang berbeda memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda dengan berkirim pesan. Cobalah untuk menghindari singkatan apa pun yang tidak akan dipahami oleh penerima Anda.

Kelima, beri penerima pesan petunjuk. Pesan sama seperti “tolong hubungi saya” atau “apa yang Anda lakukan pada hari Selasa” membuat penerima Anda gugup karena mereka tidak tahu apa yang akan Anda tanyakan, kata Markowitz. Beri mereka petunjuk agar mereka bisa memilih jawaban yang terbaik.

Keenam, tidak apa-apa untuk serius. Menurut Justin Santamaria, yang memimpin pengembangan layanan SMS Apple iMessage pada awal 2010-an, terkadang dia merasa lebih mudah untuk mengatakan hal-hal serius daripada teks karena dia memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir.

“Saat Anda melakukan percakapan serius melalui teks, sangat penting untuk memahami apakah Anda benar-benar memahami maksud orang yang Anda ajak bicara dan tidak membiarkan emosi Anda membaca kata-kata di layar,” kata Santamaria.

Ketujuh, bicara tentang batasan mengirim pesan di tempat kerja. Sebelum mengirimkan pesan ke karyawan atau atasan Anda, pastikan tim Anda telah membicarakan tentang batasan. Misalnya, jam berapa Anda bisa menjawab pesan teks? Apakah Anda lebih suka email atau panggilan telepon?. Setelah batasan itu ditetapkan, hormati untuk orang lain dan diri Anda sendiri.

Kedelapan, jangan mengirim pesan selama momen penting di dunia nyata. Menyingkirkan ponsel untuk makan, menonton film, menonton pertunjukan, dan bercakap-cakap dengan orang tersayang menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka.

“Beri mereka pendengar terbaik Anda, yang berarti kontak mata, mengikuti percakapan, dan mengajukan pertanyaan,” ujar Post.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement