Rabu 21 Jun 2023 14:57 WIB

Kapal Selam Jelajah Titanic Hilang, Penumpangnya Ada Miliarder dan Konglomerat

Wisatawan harus membawar Rp 3,7 miliar untuk melihat reruntuhan Titanic.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kapal selam wisata Titanic. Kapal tersebut dikabarkan hilang ketika membawa wisatawan untuk melihat reruntuhan Titanic.
Foto: AP
Kapal selam wisata Titanic. Kapal tersebut dikabarkan hilang ketika membawa wisatawan untuk melihat reruntuhan Titanic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kapal selam berpenumpang lima orang yang membawa wisatawan hilang di Atlantik lepas pantai Kanada. Kabarnya, wisatawan tersebut harus membayar 250.000 dolar AS atau setara Rp 3,7 miliar untuk melihat reruntuhan bencana Titanic yang tenggelam pada tahun 1912 di kedalaman 12.500 kaki (3.800 m) di bawah laut.

Siapa saja mereka penumpang tersebut?

Baca Juga

1. Hamish Harding

Dia adalah seorang miliarder Inggris dan ketua perusahaan penerbangan Action Aviation. Harding yang berbasis di Dubai telah memposting di media sosial bahwa dia bangga menuju Titanic sebagai "spesialis misi".

"Karena musim dingin terburuk di Newfoundland dalam 40 tahun, misi ini kemungkinan akan menjadi yang pertama dan satu-satunya. misi berawak ke Titanic pada tahun 2023," ujar Harding dalam postinganya seperti dilansir laman Reuters, Rabu (21/6/2023).

Harding juga ikut serta dalam misi penerbangan "One More Orbit" 2019 yang mencatat rekor penerbangan tercepat mengelilingi bumi dengan pesawat terbang di kedua kutub geografis.

"Dia tidak tinggal diam. Jika dia tidak bekerja keras, dia akan menjelajah dengan keras," ujar Jannicke Mikkelson, seorang penjelajah dan teman Hamish.

2. Shahzada Dawood dan putranya Suleman

Keluarga mereka telah mengonfirmasi bahwa mereka ada di kapal tersebut. Shahzada adalah wakil ketua salah satu konglomerat terbesar Pakistan, Engro Corporation, dengan investasi pada pupuk, manufaktur kendaraan, energi, dan teknologi digital.

Menurut situs web SETI, sebuah lembaga penelitian yang berbasis di California di mana dia menjadi wali, dia tinggal di Inggris bersama istri dan dua anaknya. Minat Shahzada meliputi fotografi satwa liar, berkebun, dan menjelajahi habitat alami, sedangkan Suleman adalah penggemar literatur fiksi ilmiah, menurut pernyataan dari Dawood Group.

3. Paul-Henri Nargeolet

Penjelajah Prancis berusia 77 tahun, yang menurut media adalah salah satu dari lima orang di dalamnya, adalah direktur penelitian bawah laut di sebuah perusahaan yang memiliki hak atas bangkai kapal Titanic. Seorang mantan komandan di Angkatan Laut Prancis, dia adalah seorang penyelam yang dalam dan penyapu ranjau.

Setelah pensiun dari angkatan laut, dia memimpin ekspedisi penyelamatan pertama ke Titanic pada 1987 dan merupakan otoritas terkemuka di lokasi bangkai kapal. Dalam wawancara tahun 2020 dengan radio France Bleu, dia berbicara tentang bahaya penyelaman dalam, dengan mengatakan: "Saya tidak takut mati, saya pikir itu akan terjadi suatu hari nanti".

4. Stockton Rush

Pendiri dan CEO perusahaan operasi kapal yang berbasis di AS, OceanGate, juga berada di kapal selam, menurut laporan media. "Ini adalah bangkai kapal yang luar biasa indah," kata Rush kepada berita Inggris Sky tentang Titanic awal tahun ini.

"Rush menjadi pilot dengan peringkat transportasi jet termuda di dunia ketika dia memperoleh peringkat DC-8 Type/Captain's di United Airlines Jet Training Institute pada tahun 1981 pada usia 19 tahun," menurut biografinya di situs web OceanGate.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement