Selasa 20 Jun 2023 22:30 WIB

Desain Sneakers Nike Seharga Rp 2,7 Juta Dikecam, Warganet: Dikasih Gratis Juga Nggak Mau

Warganet mengecam desain sepatu Nike ISPA Mindbody.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Sepatu pria Nike ISPA Mindbody.
Foto: Dok Nike
Sepatu pria Nike ISPA Mindbody.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nike memperkenalkan sepatu kets "ISPA Mindbody" yang disebut menampilkan kesan butut nan estetik. Meninggalkan gaya modisnya, snakers ini memancarkan penampilan yang benar-benar compang-camping dan usang.

Tersedia dalam variasi warna lumpur dan hijau neon, sneakers ini diluncurkan pada awal tahun ini dengan harga yang tak pula murah, yakni 180 dolar AS (Rp 2,7 juta). Menurut keterangan situs resmi Nike, bahan sneakers disatukan dengan sistem ikatan benang tunggal alih-alih lem karena dirancang agar mudah dibongkar lagi.

Baca Juga

Keunggulan lain dari sneakers ini adalah sepatu dapat didaur ulang dengan dikembalikan ke butik Nike kalau pembeli sudah bosan menggunakannya.

"Tidak perlu mencabik atau membuangnya. Cukup kirimkan ke toko Nike yang berpartisipasi, dan sneakers itu akan diberikan 'kehidupan baru' melalui donasi atau didaur ulang," tulis Nike.

Digambarkan sebagai "the new definition of R&R" alias "definisi baru dari rest and relax", sepatu kets ini menonjolkan midsole busa yang menarik dan empuk yang menawarkan oasis sensorik, sesuai deskripsi. Sedangkan bagian atas Flyknit yang ringan dan lapang memberikan perlindungan yang tak bisa diabaikan.

Dirancang oleh filosofi desain sirkular Nike, fitur utama dari konsep ini adalah mendesain dengan mempertimbangkan akhir masa pakai produk, dan menghasilkan sepatu yang dapat dengan mudah dihancurkan.

"Tidak perlu lem, hanya satu sistem cording yang menyatukan semuanya," kata Nike.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement