Selasa 20 Jun 2023 20:17 WIB

Anda Terbiasa Tidur Miring ke Kanan?

Betulkah tidur miring ke kiri lebih baik daripada miring ke kanan?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur miring ke kanan (ilustrasi). Ada beberapa manfaat tidur miring ke kanan.
Foto: www.freepik.com
Tidur miring ke kanan (ilustrasi). Ada beberapa manfaat tidur miring ke kanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini kita sering kali dibuat bingung tentang posisi tidur yang dinilai paling sehat. Banyak yang menyebut posisi tidur miring ke kiri merupakan posisi paling baik dan sehat, benarkah?

Ahli nutrisi herbal di India, Ali Ramadan, mengungkap bahwa posisi tidur baik itu miring ke kanan, kiri, maupun telentang memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan. Ramadan menjelaskan bahwa ketika tidur miring ke kiri, perut dan cairan lambung tetap berada di bawah kerongkongan, yang dapat membantu mengurangi mulas dan gangguan pencernaan.

Baca Juga

"Ini juga mengurangi tekanan pada punggung dan merupakan cara yang ideal bagi ibu hamil untuk tidur," kata Ramadan dalam unggahannya di TikTok @holisticali.

Tidur miring ke kiri saat hamil dapat membantu melancarkan aliran darah antara jantung, janin, rahim dan ginjal sekaligus mengurangi tekanan pada hati. Secara umum, menurut Ramadhan, tidur miring ke kiri lebih baik, terutama bagi orang yang mendengkur, memiliki refluks asam lambung, tekanan darah tinggi atau memiliki masalah pencernaan.

Namun, ada juga beberapa manfaat tidur miring ke kanan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah jantung. Mereka mungkin merasa lebih nyaman dengan tidur miring ke kanan. Sementara itu, jika Anda ingin mengurangi risiko sakit punggung dan mendapatkan istirahat malam yang nyenyak, tidur telentang bisa menjadi solusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement