Ahad 18 Jun 2023 18:18 WIB

Bangun Rumah dari Kontainer, Ini 5 Keuntungannya

Inilah solusi bangunan alternatif untuk sebuah rumah tradisional.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rumah kontainer memiliki sejumlah keuntungan/ilustrasi
Foto: Unsplash
Rumah kontainer memiliki sejumlah keuntungan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--- Pada umumnya rumah memiliki tembok yang terbuat dari banyak jenis bahan. Contohnya, batako, batu bata, kayu, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga rumah yang terbuat dari kontainer pengiriman baja. Rumah tersebut disebut rumah kontainer pengiriman.

Dilansir dari Masterclass, Ahad (18/6/2023), kontainer pengiriman adalah kontainer antar moda besar yang dapat digunakan kembali untuk mengakut barang. Kontainer pengiriman tersedia dalam dua ukuran 20 kaki x 8 kaki ( sekitar 6,09 meter x 2,43 meter) atau 40 kaki x 8 kaki (sekitar 12,19 meter x 2,43 meter).

Baca Juga

Kontainer 20 kaki (sekitar 6,09 meter)  berukuran 160 kaki persegi (sekitar 14,86 meter persegi), sedangkan kontainer pengiriman 40 kaki (sekitar 12,19 meter) menawarkan ruang seluas 29,72 meter persegi. Pemilik dapat menggunakan kontainer ini sebagai rumah atau kantor pribadi yang berdiri sendiri, atau mereka dapat menggabungkan beberapa kontainer untuk membuat tempat tinggal bertingkat.

Rumah kontainer pengiriman, seperti rumah mungil, RV, atau rumah silo, semakin populer karena calon pemilik rumah mencari solusi bangunan alternatif untuk rumah tradisional dengan banyak kamar tidur.

Rumah kontainer pengiriman memiliki berbagai keuntungan. 

Keuntungan yang pertama adalah rumah kontainer pengiriman tahan lama, hemat biaya, dan dapat disesuaikan.

Kedua, rumah kontainer pengiriman bisa lebih hemat biaya daripada perumahan tradisional.  

Karena membutuhkan lebih sedikit bahan bangunan dan tenaga kerja untuk membangunnya. Anda bisa membeli rumah kontainer dengan harga 10 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 149,6 juta. Anda dapat juga menurunkan biaya menyesuaikan rumah kontainer Anda dengan merenovasi tempat tinggal menggunakan keahlian melakukan sendiri (Do It Yourself) Anda.

Ketiga, durasi membangun rumah kontainer pengiriman yang cepat. 

Beberapa kontraktor dapat membangun kontainer pengiriman dalam waktu kurang dari sebulan. Namun, mempekerjakan seorang profesional untuk membangun rumah impian kontainer Anda bisa jadi mahal. Anda dapat membeli rumah kontainer prefabrikasi dari daftar perusahaan yang berkembang yang berspesialisasi dalam membangun rumah prefab di luar lokasi.

Keempat, rumah kontainer pengiriman adalah rumah modular.

Ini berarti rumah kontainer mudah dimodifikasi.

Anda juga dapat membangun rumah dengan campuran kontainer berukuran 20 kaki (sekitar 6,09 meter)  dan 40 kaki (sekitar 12,19 meter). Seseorang dapat menggabungkan beberapa kontainer untuk membuat rumah yang lebih besar dengan ruang tamu, ruang makan, kamar tidur ekstra, lantai dua, atau bahkan wisma kontainer.

Kelima, rumah kontainer tahan lama. 

Rumah kontainer yang terbuat dari baja tahan cuaca kemungkinan dapat menahan kondisi cuaca buruk lebih baik daripada perumahan tradisional.

Keenam, rumah kontainer mudah dipindahkan. 

Anda dapat menggunakan layanan transportasi pengiriman khusus untuk mengambil dan memindahkan rumah kontainer tunggal yang tidak tidak terhubung dengan utilitas yang dikelola publik di manapun di dunia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement