Sabtu 17 Jun 2023 22:43 WIB

Pengalaman Umroh Haru Yura Yunita Jadi Inspirasi Lagu 'Jalan Pulang'

Ibadah umroh yang dilakukan Yura bersama sang ibu menjadi pengalaman penuh haru.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Rangkaian konser Yura Yunita bertajuk Pertunjukan Tutur Batin Live in Concert yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Jumat (16/6/2023).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Rangkaian konser Yura Yunita bertajuk Pertunjukan Tutur Batin Live in Concert yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Jumat (16/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konser Yura Yunita bertajuk "Tutur Batin Live in Concert" berlangsung pada Jumat (16/6/2023) malam. Di tengah pertunjukan tersebut, Yura bercerita sebuah pemandangan terindah dalam hidupnya.

Perjalanan yang dimaksudnya adalah ketika ia beribadah umroh ke Tanah Suci. Kala itu, dia menempuh pengalaman haru bersama sang ibu, hingga tercipta sebuah lagu “Jalan Pulang”.

Baca Juga

“Ada nggak sih yang pernah ngerasa healing terus tapi kok rasanya di sini (nunjuk ke hati) tetap kosong hampa. Ada nggak di sini yang ngerasa hidupnya lagi berat,” kata Yura dalam konser tunggalnya di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Lagu “Jalan Pulang” yang juga merupakan original soundtrack (OST) film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP) diciptakan oleh Yura saat ia sedang merasa di masa terberatnya. Ia sudah bingung hendak bercerita pada siapa, dan akhirnya memutuskan umroh dengan mengajak sang ibu.

Puncak harunya yait ketika ia melakukan tawaf tujuh kali tanpa henti, sampai ia dan sang ibu berada di Hijir Ismail. Entah mengapa, muncul perasaan dalam hati Yura saat itu, benar-benar dirinya berserah diri pada Allah SWT seperti sudah siap jika harus mati hari itu.

Saat itu, ribuan orang ramai ingin menginjakkan kaki di Hijir Ismail, termasuk Yura dan sang ibu. Yura berdoa agar dimudahkan untuk sang ibu bisa sholat di Hijir Ismail. “Langsung tiba-tiba Hijir Ismail yang ramai, ibuku masuk (memperagakan cara menyelip), terus bisa sholat di situ, sendiri. Itu pemandangan terindah dalam hidupku,” kata dia.

Lagu ini juga diciptakan bersama suami, Donne Maula, serta sang ibu yang telah mengajarkan banyak hal dalam perjalanan umroh itu. Sang ibu mengingatkan bahwa ketika seorang manusia menghadap Sang Pencipta, tidak akan membawa apapun.

“Aku selalu berterima kasih sama Mama. Dan kemarin perjalanan aku ke sana, Mama ngajarin aku, teruslah meraih langit tapi teruslah menyentuh bumi. Di titik itu aku diingatkan lagi, apapun tujuan kita, tujuan kita adalah berpulang. Ternyata rumah kita itu adalah Tuhan, Tuhan ada di sini (menunjuk hati),” ucap Yura.

Membawakan lagu “Jalan Pulang” bersama sang ibu yang mengenakan gamis hitam, dengan suara yang merdu. Saat lagu selesai, seketika venue hening dan keduanya dibiarkan saling berpelukan dengan air mata berlinang. Tentu semua penonton ikut terharu yang mungkin ikut teringat sosok ibu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement