Jumat 09 Jun 2023 16:11 WIB

Ceritanya tak Masuk Akal, Penonton tak Percaya Film Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Ada beberapa film yang membuat penonton tak percaya itu merupakan kisah nyata.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Adegan film Midway. Midway menjadi salah satu film yang memiliki alur tak masuk akal untuk sebuah film yang diangkat dari kisah nyata.
Foto:

6. Changeling (2008)

photo
Salah satu adegan di film Changeling. - (Universal Pictures)

 

Film ini didasarkan pada kehidupan Christine Collins (diperankan oleh Angelina Jolie), seorang single mother di Los Angeles pada tahun 1920-an yang putranya menghilang secara misterius. Pihak berwenang membawanya pulang, tetapi Collins segera tahu itu bukan anaknya.

“Film yang benar-benar mengganggu pikiran, ini berdasarkan peristiwa nyata anak-anak hilang. Saya tidak akan pernah melupakan adegan polisi membawa seorang anak laki-laki dan mencoba membuat Angelina percaya bahwa itu adalah anak laki-lakinya, sehingga dia dapat menyelesaikan kasus ini,” kata Redditor Ok- Taburkanz.

7. Moneyball (2011)

photo
Salah satu adegan di film Moneyball. - (Columbia Pictures)

 

Film ini berpusat pada Billy Beane (diperankan oleh Brad Pitt), manajer umum Oakland Athletics, yang merevolusi bisbol dengan menerapkan analisis statistik dan sabermetri untuk membentuk tim kompetitif dengan anggaran terbatas.

“Di Moneyball, si A unggul 11 run dan kemudian menang dalam home run yang dicetak oleh rekrutan mereka yang penuh dengan omong kosong Hollywood. Persis seperti itu,” kata Redditor Cypher5-9. “Saya bahkan tidak suka bisbol, dan Moneyball membuat saya berharap saya menyukai bisbol. Film yang bagus,” kata Redditor Big_Tie menimpali.

8. Pain and Gain(2013)

photo
Salah satu adegan di film Pain & Gain. - (Paramount Pictures)

 

Pain and Gain menceritakan kisah nyata dari trio binaragawan yang melakukan pemerasan, penculikan, dan pembunuhan, untuk mengejar kekayaan dan kesuksesan. Mark Wahlberg, Dwayne Johnson, dan Anthony Mackie, berperan sebagai protagonis yang kikuk namun berbahaya. Skalanya lebih kecil daripada proyek biasa Michael Bay, tetapi ini adalah salah satu yang terbaik.

“Ada adegan di mana Rock memanggang tangannya untuk menyembunyikan sidik jarinya, dan kata-kata 'Ini masih kisah nyata' muncul di layar,” kata Redditor Odd_Advance_6438.

9. Compliance (2012)

photo
Salah satu adegan di film Compliance. - (Magnolia Pictures)

 

Film karya Craig Zobel ini mendramatisasi tipuan yang mengganggu, di mana penelepon anonim memanipulasi karyawan di restoran cepat saji untuk melakukan tindakan keji dengan kedok mengikuti perintah. Ini salah satu thriller paling meresahkan selama bertahun-tahun, terutama karena didasarkan pada peristiwa nyata.

“Saya ingat orang-orang mengeluh bahwa ini adalah film yang buruk karena sulit dipercaya,” kata Redditor mbd34. “Dalam kredit, mereka mengatakan (ada) 70 kasus yang terjadi dalam periode waktu yang sama. 70,” kata Redditor SnooHedgehogs7626.

10. I, Tonya (2017)

photo
Adegan di film I, Tonya. - (Neon)

 

Film biografi ini menggali kehidupan penuh gejolak Tonya Harding, tokoh skater terkenal yang namanya identik dengan salah satu insiden paling terkenal dalam sejarah olahraga. Margot Robbie menampilkan salah satu penampilan terbaiknya, menghidupkan skater. Belum lagi, film ini penuh dengan momen-momen keterlaluan yang serbafaktual.

“Salah satu contoh baru-baru ini yang muncul di benak saya adalah dari I, Tonya, sebuah film yang sengaja membuat kita tidak mempercayai semua yang ditampilkan di layar karena hampir semua orang yang ditampilkan adalah narator yang tidak dapat diandalkan, yang mencoba membuat diri mereka terlihat lebih baik,” kata Redditor Mst3Kgf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement