Jumat 09 Jun 2023 15:15 WIB

Remaja Ini Raih Gelar PhD di Usia 19 Tahun, Mulai Kuliah Saat Masih Umur 7

Tanishq Mathew Abraham akan wisuda sebagai PhD pada 15 Juni mendatang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Tanishq Mathew Abraham meraih gelar doktor teknik biomedis dalam usia 19 tahun pada Mei 2023. Dia akan diwisuda PhD pada 15 Juni mendatang.
Foto: Dok UC Davis Graduate Studies
Tanishq Mathew Abraham meraih gelar doktor teknik biomedis dalam usia 19 tahun pada Mei 2023. Dia akan diwisuda PhD pada 15 Juni mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang remaja berusia 19 tahun asal AS berhasil mempertahankan disertasinya, dan akan segera menyandang gelar PhD di bidang teknik biomedis. Remaja bernama Tanishq Mathew Abraham itu akan wisuda sebagai PhD pada 15 Juni mendatang.

Fokus penelitian yang diambil Abraham adalah tentang penggunaan kecerdasan buatan dalam teknik mikroskop untuk patologi digital di Departemen Patologi dan Kedokteran Laboratorium University of California, Davis, AS. Remaja keturunan India itu pun berbagi kegembiraannya di Twitter sekaligus berterima kasih kepada para pembimbing dan keluarga.

Baca Juga

"Saya tidak akan bisa melakukannya tanpa cinta dan dukungan keluarga saya. Ibu, yang melepaskan gelar PhD-nya untuk mendidik kami. Ayah, yang menyulap hari-hari sibuknya bekerja agar saya bisa meraih impian saya. Adik, yang membuat hari-hari yang penuh tantangan menjadi tidak terlalu menakutkan dengan lelucon-leluconnya," kata Abraham, seperti dilansir laman NBC, Jumat (9/6/2023).

Abraham mulai mengambil kuliah di sebuah community college lokal pada usia tujuh tahun, saat dia masih duduk di bangku SMA. Remaja yang meraih gelar doktor pada bulan Mei lalu itu kemudian diterima di University of California untuk mengejar gelar sarjana pada usia 12 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement