Jumat 09 Jun 2023 14:13 WIB

Susu Kambing tak 'Aman' untuk Bayi di Bawah 1 Tahun, Bisa Mengancam Nyawa

Dalam beberapa kasus, susu kambing mengancam nyawa untuk bayi di bawah usia 1 tahun.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Susu kambing (ilustrasi). Susu kambing murni tidak aman dikonsumsi untuk anak di bawah satu tahun.
Foto: Flickr
Susu kambing (ilustrasi). Susu kambing murni tidak aman dikonsumsi untuk anak di bawah satu tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susu kambing digemari oleh sebagian masyarakat karena dinilai memiliki banyak khasiat. Siapa saja yang boleh mengonsumsi susu kambing? Apakah susu kambing aman untuk bayi?

Dilansir laman Cleveland Clinic, Jumat (9/6/2023), American Academy of Pediatrics memperingatkan bahwa susu kambing murni tidak aman dan dalam beberapa kasus mengancam nyawa untuk bayi di bawah usia satu tahun. Aturan yang sama umumnya diterapkan pada susu sapi murni juga. Ini karena bayi Anda yang baru lahir memiliki sistem pencernaan yang rapuh, yang tidak dapat menangani protein yang ditemukan dalam susu hewani.

Baca Juga

“Susu formula bayi tradisional secara khusus dirancang untuk memiliki keseimbangan makronutrien dan lemak, karbohidrat, dan protein yang berbeda,” ujar dokter anak Matthew Badgett.

Konsumsi susu kambing pada bayi dapat menyebabkan masalah kesehatan, antara lain hiponatremia, reaksi alergi, infeksi dan sepsis. “Untuk semua alasan tersebut, susu kambing tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia satu tahun,” kata dr Badgett.

Menurut dia, susu kambing masih bisa menjadi pilihan yang baik pada kemudian hari. Setelah si kecil berusia satu tahun, Anda bebas untuk memasukkannya ke dalam makanan mereka jika Anda mau.

"Pastikan saja susu tersebut dipasteurisasi dan anak Anda mendapatkan campuran folat yang baik dalam makanannya."

Senada, formulator Urra, Imam Subekhi mengungkapkan susu kambing tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah usia satu tahun. Berbagai sumber menyebutkan susu kambing aman untuk dikonsumsi anak-anak berusia di atas satu tahun.

Subekhi mengatakan, mengungkapkan berbagai manfaat susu kambing telah dibuktikan oleh para penggunanya yang sebelumnya mengalami berbagai keluhan kesehatan. Salah satunya adalah yang memiliki masalah pada persendian. Memang sampai saat ini pengonsumsi susu kambing rutin kebanyakan adalah orang dewasa. Akan tetapi ketika melihat berbagai manfaat yang dimiliki oleh susu kambing tersebut, susu kambing ini dapat menjadi pilihan tambahan nutrisi yang tepat bagi anak-anak.

Ada beberapa anak yang alergi susu, yaitu kondisi saat sistem kekebalan tubuh seseorang bereaksi terhadap protein susu sapi dan olahannya.Jika si kecil mengalami alergi susu sapi, maka orang tua perlu untuk memberikan alternatif demi memenuhi kebutuhan kalsium hariannya. Salah satu sumber kalsium yang dapat diberikan kepada anak yang memiliki alergi susu sapi yaitu susu kambing.

"Susu kambing telah direkomendasikan sebagai pangan pengganti untuk pasien alergi susu sapi dan sekitar 40 sampai 100 persen pasien alergi terhadap protein susu sapi dapat mentolerir susu kambing," kata dia.

Bagi Anda yang ingin memberikan susu kambing kepada si kecil, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya mengenai batas usia.

Penting juga untuk memperhatikan kandungan dari susu kambing bubuk tersebut. Karena untuk menghilangkan bau prengus susu kambing murni itu biasanya ditambahkan dengan krimer. Jangan sampai kandungan susu kambingnya ternyata hanya sedikit, sehingga mayoritas hanya bubuk krimer. Jika demikian maka ini tidak disarankan untuk anak-anak karena hanya sedikit nutrisi yang didapat dari susu kambing bubuk tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement