Rabu 07 Jun 2023 16:35 WIB

Jelang Konser Yura Yunita, Aspek Ini akan Ditonjolkan di Panggung

Yura Yunita akan menggelar konser di Surabaya pada 9 Juni dan Surabaya 16 Juni.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Yura Yunita. Menjelang konser tunggal Yura, berbagai persiapan dilakukan. (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Penyanyi Yura Yunita. Menjelang konser tunggal Yura, berbagai persiapan dilakukan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konser tunggal penyanyi dan penulis lagu Yura Yunita akan menghadirkan perpaduan unsur modern dan tradisional. Acara bertajuk "Pertunjukan Tutur Batin" itu segera digelar pada 9 Juni di Jatim Expo, Surabaya, serta 16 Juni di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Konser berakar dari album ketiga Yura, Tutur Batin, yang berisi kumpulan kisah musikal dengan lirik dan melodi "magis". Setelah dirilis pada Oktober 2021, album telah membuahkan konser virtual yang disiarkan melalui kanal Youtube.

Baca Juga

Berbeda dengan konser virtual silam, "Pertunjukan Tutur Batin" akan memaksimalkan energi dan bunyi yang disuguhkan pada audiens. Pengarah kreatif konser sekaligus suami Yura, Donne Maula, menyampaikan bahwa dia ingin menonjolkan "rasa" karya yang autentik.

"Mudah sekali untuk membuat pertunjukan gegap gempita dengan sound, lighting, dan visual yang megah, tapi tidak begitu dengan rasa. Untuk kami, yang terpenting adalah rasa," ujar Donne melalui pernyataan resminya.

 

Aransemen dari Ari Renaldi sebagai pengarah musik serta produser musik Yura, diiringi grup vokal INSIDEOUT, akan menginterpretasikan nyawa "Pertunjukan Tutur Batin" ke dalam bentuk tarian dan musik tradisional. Koreografi dari DSOUL Dance Company pun akan mencampurkan elemen tradisional dan modern.

Aspek tradisional muncul di segala sisi, dari lagu berbahasa daerah yang akan dibawakan Yura, hingga busananya di atas panggung nanti yang dirancang oleh desainer ternama asal Bandung, Ayung Berinda. "Jadi perpaduan unsur budaya modern dan tradisional akan jadi sangat menarik untuk disaksikan nanti," kata Donne.

Namun, hal utama yang ingin Yura usung dari album ke konser tunggal adalah pesan soal imperfeksi dalam hidup dan diri setiap orang. "Pertunjukan Tutur Batin" ingin menjadi pengingat bahwa ketidaksempurnaan dapat menjadi hal yang baik, bahkan indah.

Imperfeksi itu menjadi pesan terkuat Yura, yang selama ini tidak memiliki standar tipikal sebagai solois perempuan. Yura kerap menyuarakan bagaimana keberagaman wujud diri sebagai manusia adalah bentuk keindahan yang tidak perlu diseragamkan.

Justru, kesederhanaan tersebut yang membuat Yura dekat dengan para pendengarnya. "Aku ingin menggaungkan bahwa kita sebagai manusia dan perempuan tidak perlu sempurna, dan mari kita merayakan ketidaksempurnaan kita bersama," kata Yura yang meraih gelar artis solo wanita pop terbaik AMI Awards 2022.

Pada konser nanti, Yura akan membawakan lebih dari 20 lagu. Meski tajuknya adalah perayaan dari album ketiga, namun sang solois tetap membawakan beberapa tembang terdahulu yang para penggemarnya telah kenal dekat dengan liriknya.

"Pertunjukan Tutur Batin" yang dipromotori oleh Merakit dan Ada Media akan diselenggarakan di sejumlah kota lainnya, dan tanggal resmi akan diumumkan dalam waktu dekat. Tiket konser di Surabaya dan Jakarta sudah dijual via Loket.com, dengan rentang harga Rp 350 ribu hingga Rp 1,5 juta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement