Rabu 07 Jun 2023 09:28 WIB

SDM Sering Jadi Masalah Perusahaan, Begini Solusi yang Tepat

Jasa layanan dari perusahaan teknologi SDM dapat membantu

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Gaweku bertujuan mengatasi tantangan dalam sumber daya manusia (SDM) dengan memadukan kemampuan manusia dan teknologi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Foto: Santi Sopia/Republika
Gaweku bertujuan mengatasi tantangan dalam sumber daya manusia (SDM) dengan memadukan kemampuan manusia dan teknologi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Perusahaan di berbagai bidang tentu tidak terlepas dari tantangan pengembangan bisnis. Akan tetapi masalah sumber daya manusia (SDM) di dalamnya justru sering kali menjadi penghambat kemajuan perusahaan.

Masalah SDM erat kaitannya dengan staf sumber daya manusia (HR) yang merupakan salah satu bagian penting perusahaan. Namun bagian ini justru dinilai banyak yang terbengkalai sehingga menimbulkan masalah baru bagi perusahaan.

Baca Juga

Menurut Kenichi Fujiki, COO Gaweku, Indonesia merupakan negara dengan potensi besar dalam perkembangan ekonomi. Meski demikian, masih ada beberapa masalah yang dihadapi, termasuk persoalan SDM di perusahaan.

Karena itulah dia melihat bahwa prospek teknologi human resource (HR tech) untuk membantu mengatasi problem terkait akan semakin bagus ke depannya. Potensinya cukup besar, kendati kemungkinan bertumbuh perlahan. “Contoh saja di Amerika dan Eropa, pekerjaan HR itu sudah masuk ke tatanan bisnis karena bukan lagi ngurusin administrasi manual,” kata Fujiki di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Jadi, jasa layanan dari perusahaan teknologi SDM dapat membantu dan menggantikan tugas-tugas manual yang biasa dikerjakan staf SDM di perusahaan. Nantinya, praktisi HR tech mulai berkecimpung pada tugas Human Resource Business Partner (HRBP) yang tugasnya mendukung bisnis perusahaan.

“Ke depannya di Indonesia juga diprediksi seperti itu, HRBP biasanya ada di perusahaan besar, padahal penting juga untuk perusahaan kecil,” lanjut dia.

Misalnya, pemilik UMKM biasanya akan mengerjakan segala sesuatunya sendiri, mulai dari administrasi, urusan ketengakerjaan. Alhasil mereka bisa sulit mengembangkan usahanya.

Tetapi dengan bantuan HR tech nantinya, UMKM bisa lebih fokus mengembangkan bisnis tanpa dipusingkan dengan hal-hal bersifat administratif. Jadi, ke depannya UMKM juga pasti membutuhkan layanan HR tech ini.

Gaweku sendiri memiliki berbagai servis layanan yang terintegrasi dan menjadi satu kesatuan untuk menciptakan ekosistem HR yang lebih baik dan produktif. Gaweku yang baru saja berganti nama dari Reeracoen Indonesia, agar lebih terdengar familiar orang Indonesia ini, menawarkan transformasi untuk pekerjaan HR perusahaan.

Gaweku memahami banyak profesional di bidang SDM menghabiskan waktu berharga mereka untuk tugas-tugas administratif yang panjang dan berulang. Berdasarkan pemahaman ini, Gaweku mengembangkan bisnisnya dan mengintegrasikan teknologi ke dalam bidang SDM. Melalui langkah ini, Gaweku bertujuan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan memberikan solusi inovatif dalam industri teknologi SDM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement