Ahad 04 Jun 2023 15:00 WIB

Berhubungan Seks Saat Haid Picu Infeksi Hingga Kista Endometriosis

Dokter serukan untuk tidak berhubungan seksual saat istri sedang haid.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan suami istri (ilustrasi). Berhubungan intim saat istri sedang haid mendatangkan banyak risiko kesehatan.
Foto: Republika/Prayogi
Pasangan suami istri (ilustrasi). Berhubungan intim saat istri sedang haid mendatangkan banyak risiko kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aman atau tidaknya melakukan hubungan seksual saat menstruasi kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial. Salah satu pemantiknya adalah cicitan influencer Andrea Gunawan yang mengatakan bahwa melakukan hubungan seksual saat haid memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meredakan kram otot.

"Lucunya, sepertinya hanya di Indonesia saja yang mengatakan bahwa seks saat menstruasi tidak baik untuk kesehatan. Padahal, secara jurnal medis justru mengatakan banyak manfaat dari seks saat menstruasi, termasuk meredakan kram otot," tulis Andrea dalam thread-nya di Twitter.

Baca Juga

Lantas bagaimana tanggapan dokter? Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Ardiansjah Dara Sjahruddin menegaskan bahwa hubungan seksual saat menstruasi itu memiliki risiko besar karena bisa memunculkan penyakit. Perempuan rawan mengalami infeksi pada vagina, iritasi, penyakit radang panggul, bahkan kista endometriosis.

"Kista tersebut bisa saja mengganggu kesuburan dan menyebabkan sulit hamil," kata dr Ardiansjah dalam cicitan di akun Twitter-nya, dikutip pada Ahad (4/6/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement