Jumat 02 Jun 2023 07:22 WIB

Ilmuwan Jepang Temukan Obat Penghancur Sel Kanker dalam Waktu 24 Jam

Sel punca kanker adalah target utama obat antikanker.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi penderita kanker.
Foto:

Dalam studi tersebut, gel DN dengan cepat memprogram ulang sel kanker yang dibedakan menjadi sel induk kanker hanya dalam 24 jam dalam enam jalur sel kanker manusia yang berbeda, kanker otak, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker kandung kemih, dan sarkoma.

Setelah sel kanker ditempatkan pada gel DN, mereka mulai membentuk struktur bulat dan menghasilkan molekul spesifik yang dikenal sebagai penanda sel punca kanker seperti SOX2 dan Oct3/4, alias faktor Yamanaka, dinamai menurut pemenang Hadiah Nobel, menunjukkan bahwa mereka diprogram ulang.

Para peneliti juga mengungkap beberapa mekanisme molekuler yang terlibat dalam pemrograman ulang sel kanker. Mereka menemukan bahwa reseptor saluran kalsium dan protein osteopontin sangat penting untuk induksi sel punca kanker.

Mereka juga menemukan bahwa sel kanker otak dari seorang pasien yang telah dibiakkan pada gel DN menghasilkan reseptor yang disebut reseptor faktor pertumbuhan yang diturunkan dari trombosit. Dengan menambahkan penghambat molekuler dari reseptor ini, mereka mampu menargetkan dan memberantas sel punca kanker, menunjukkan bahwa gel DN dapat digunakan untuk memilih obat terapeutik. Selain itu, mereka menunjukkan bahwa sel-sel kanker otak yang telah dibiakkan pada gel DN membentuk tumor secara efisien ketika ditransplantasikan ke otak tikus, menunjukkan batang sel-sel kanker.

 

Studi ini membuka jalan bagi penelitian obat yang dapat menargetkan sel punca kanker. “Di masa depan, gel DN dapat digunakan untuk meningkatkan diagnosis jenis sel kanker dan menghasilkan obat-obatan yang dipersonalisasi, yang dapat meningkatkan prognosis pasien kanker,” kata Shinya Tanaka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement