Rabu 31 May 2023 15:58 WIB

Alergi Susu Sapi Tingkatkan Risiko Stunting, Kenali Gejalanya

Kenali gejala alergi susu sapi pada anak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Susu sapi (ilustrasi). Ketidakcukupan asupan nutrisi pada anak alergi susu sapi dapat berpotensi menyebabkan stunting.
Foto:

Dokter Zahrah mengatakan fungsi dari histamin adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai zat yang membahayakan. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya reaksi alergi.

Anak dengan alergi susu sapi,perlu diperhatikan asupan nutrisinya agar tidak mengalami kekurangan zat gizi yang dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan. Berbagai kandungan nutrisi di dalam susu sapi, seperti protein, kalsium, kalium, vitamin B12, dan vitamin D, yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat diterima oleh anak alergi susu sapi, sehingga rentan terjadi malanutrisi.

"Jika alergi susu sapi pada anak tidak diatasi dengan baik, maka dapat berpotensi terjadi dampak yang berkepanjangan, dan diet eliminasi yang tidak tepat tanpa penggantian jenis makanan yang memadai dapat berpotensi stunting pada anak," papar dr Zahrah.

Tata laksana anak dengan alergi susu sapi dapat dilakukan oleh orang tua sedini mungkin, yaitu dengan berkonsultasi serta mengikuti petunjuk atau saran dokter. Anda juga harus mengeliminasi bahan makanan yang mengandung susu sapi, memberikan alternatif makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, membaca label makanan, dan melakukan pemantauan pertumbuhan secara rutin.

Orang tua memiliki peran penting dalam menghadapi kondisi anak alergi susu sapi dengan mengendalikan faktor penyebab alergi. Namun, sebelumnya orang tua harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter terkait gejala yang terjadi pada anak.

"Mengikuti saran dokter, orang tua dapat mulai menghindari makanan pencetus alergi dan memberikan nutrisi alternatif untuk anak alergi susu sapi," kata dr Zahrah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement