Kamis 01 Jun 2023 11:50 WIB

Asyik, Bisa Jalan-jalan di UI Pakai Sepeda Listrik

Kehadiran sepeda listrik mendukung gerakan mengurangi emisi karbon.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Universitas Indonesia (UI) bersama PT Beam Mobility Indonesia meresmikan penggunaan sepeda listrik Beam Rover di area UI Kampus Depok.
Foto: Republika/Santi Sopia
Universitas Indonesia (UI) bersama PT Beam Mobility Indonesia meresmikan penggunaan sepeda listrik Beam Rover di area UI Kampus Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK---Indonesia menargetkan nol emisi karbon pada tahun 2060. Berbagai upaya kolektif dilakukan untuk memenuhi tercapainya target pemerintah, salah satunya dengan penggunaan armada mobilitas mikro.

Universitas Indonesia (UI) bersama PT Beam Mobility Indonesia meresmikan penggunaan sepeda listrik Beam Rover di area UI Kampus Depok. Hal ini bertujuan mendukung gerakan mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor.

Baca Juga

Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerja Sama, Prof Dedi Priadi mengatakan upaya ini juga merupakan wujud komitmen UI untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, berkelanjutan, dan sejalan dengan perkembangan teknologi. Visi UI memperbaiki layanan mobilitas di kampus dengan komitmen pelestarian lingkungan di dalam kampus.

“Dengan mengurangi emisi karbon, meningkatkan kenyamanan mobilitas di lingkungan kampus. Dulu ada juga sepeda ramah lingkungan cuma perlu power, nah ini perlu power dan bisa di-gowes, jadi bisa lebih ringan,” kata Prof Dedi di UI Depok.

Prof Dedi melanjutkan kerjasama ini memberikan alternatif transportasi yang efisien, hemat waktu, dan berkelanjutan sebagaimana GreenMetric UI. Hal ini diyakini dapat memberikan dampak positif yang besar.

Selain memberikan alternatif mobilitas yang praktis, Beam Rover dapat mengurangi emisi karbon di lingkungan kampus, mengurangi kemacetan, serta mendorong budaya berkelanjutan yang membawa manfaat jangka panjang.

Ady Muzadi, Country Head Beam Mobility Indonesia, mengatakan kerjasama ini merupakan yang perdana dilakukan dengan pihak kampus di Indonesia. Ady mengaku bangga karena UI tentunya merupakan salah satu kampus paling prestise. “Layanan yang kami berikan merupakan wujud sebenarnya dari micro-mobility,” ujar Ady.

Mengenai peraturan pemakaian, Ady mengatakan bisa meningkatkan tim patroli ataupun jika terpaksa menerapkan denda agar pengguna tidak sembarangan memarkir kendaraan. Kerjasama dengan UI merupakan sistem bagi hasil.

Pada fase pertama direncanakan menghadirkan sebanyak 450 unit, dan sekarang bertahap sekitar 250 unit. Tarif buka sewa Rp 1.750 dan kemudian Rp 700 per menit. “Kalau misal di periode tertentu di mana sepi, kita bisa memberikan promo menarik,” kata dia.

Beam Rover telah diujicobakan di kawasan UI sejak 25 Mei 2023. Di area UI, Beam Rover beroperasi pada pukul 05.00–23.00 WIB.

Beam Mobility merupakan perusahaan rintisan yang berpusat di Singapura dan telah menghadirkan layanan di delapan negara lain, seperti Australia, Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Turki, Jepang dan lainnya. Beam Mobility mulai beroperasi di Indonesia pada September 2022 dan pertama kali hadir di Bogor, Jawa Barat. Kehadirannya berlanjut ke Semarang, Bali, PIK, Bintaro, Jababeka. “Kami akan berkembang dan bereksplansi ke kota lainnya,” kata Ady.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement