Selasa 30 May 2023 17:48 WIB

Berhenti Merokok, Ini yang Dirasakan Tubuh Tahap demi Tahap Sejak Jam Pertama

Manfaat berhenti merokok bisa dirasakan bahkan sejak satu jam pertama.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Berhenti merokok (ilustrasi), Anda dapat merasakan manfaat kesehatan bahkan sejak jam pertama berhenti merokok.
Foto: Boldsky
Berhenti merokok (ilustrasi), Anda dapat merasakan manfaat kesehatan bahkan sejak jam pertama berhenti merokok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berhenti merokok memberikan manfaat bagi kesehatan. Bahkan, manfaat tersebut bisa Anda rasakan sejak satu jam pertama berhenti merokok hingga bertahun-tahun setelah Anda berhenti merokok.

Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini tahap demi tahap yang akan dirasakan tubuh sejak Anda berhenti merokok, seperti dilansir laman Healthline, Selasa (30/5/2023):

Baca Juga

20 menit

Efek kesehatan yang positif dari berhenti merokok dimulai 20 menit setelah rokok terakhir Anda. Tekanan darah dan denyut nadi Anda akan mulai kembali ke tingkat yang lebih normal.

8 jam

Dalam delapan jam, kadar karbon monoksida Anda akan kembali ke tingkat yang lebih normal. Karbon monoksida adalah bahan kimia yang ada dalam asap rokok yang menggantikan partikel oksigen dalam darah. Ketika karbon monoksida hilang, kadar oksigen Anda mulai meningkat ke tingkat yang lebih normal.

24 jam

Dalam satu hari, Anda telah menurunkan risiko serangan jantung. Ini karena berkurangnya penyempitan pembuluh darah dan arteri serta peningkatan kadar oksigen yang masuk ke jantung untuk meningkatkan fungsinya.

48 jam

Pada 48 jam, ujung saraf yang sebelumnya rusak mulai tumbuh kembali. Anda mungkin juga mulai memperhatikan bahwa indra yang sebelumnya tumpul karena merokok membaik.

72 jam

Dalam tiga hari setelah berhenti merokok, Anda akan sering merasa lebih mudah bernapas. Ini karena saluran bronkial di dalam paru-paru sudah mulai rileks dan lebih terbuka. Ini membuat pertukaran udara antara karbon dioksida dan oksigen lebih mudah.

1 pekan

Perokok yang berhasil melewati satu pekan tanpa merokok memiliki kemungkinan sembilan kali lebih besar untuk berhasil berhenti. Peluang berhenti merokok untuk selamanya meningkat dengan setiap upaya. Jika Anda bisa membuatnya menjadi satu pekan, Anda bisa membuatnya seumur hidup.

2 pekan

Dalam dua pekan setelah berhenti merokok, Anda mungkin mulai memperhatikan bahwa Anda tidak hanya bernapas lebih mudah. Anda juga berjalan lebih mudah. Ini berkat peningkatan sirkulasi dan oksigenasi. Fungsi paru-paru Anda juga meningkat sebanyak 30 persen sekitar dua minggu setelah berhenti merokok, catat University of Michigan.

1 bulan

Hanya dalam satu bulan yang singkat, Anda bisa mengalami banyak perubahan kesehatan terkait dengan berhenti merokok. Salah satunya adalah merasakan energi keseluruhan yang meningkat.

3 bulan

Dalam waktu tiga bulan setelah berhenti, seorang wanita dapat meningkatkan kesuburannya serta mengurangi risiko bayinya lahir prematur.

6 bulan

Setelah enam bulan berhenti, banyak orang sering menyadari bahwa mereka lebih mampu menangani peristiwa stres yang datang tanpa merasa perlu merokok.

1 tahun

Setelah satu tahun berhenti merokok, paru-paru Anda akan mengalami peningkatan kesehatan yang dramatis dalam hal kapasitas dan fungsinya. Anda akan melihat betapa mudahnya Anda bernapas saat Anda memaksakan diri dan betapa berkurangnya batuk yang Anda alami dibandingkan saat Anda merokok.

3 tahun

Dalam tiga tahun setelah berhenti merokok, risiko serangan jantung Anda menurun menjadi bukan perokok. Berhenti merokok dapat membantu membalikkan efek ini dan meningkatkan kesehatan jantung di tahun-tahun mendatang.

5 tahun

Lima tahun setelah Anda berhenti merokok, risiko kematian akibat kanker paru-paru turun setengahnya dibandingkan saat Anda merokok, menurut University of North Carolina.

10 tahun

Pada tanda dekade, risiko kematian Anda akibat kanker paru-paru telah menurun menjadi bukan perokok. Sel-sel yang sebelumnya bersifat prakanker kini digantikan dengan sel-sel sehat.

15 tahun

Pada tanda 15 tahun, risiko serangan jantung dan strok Anda telah menurun menjadi setara dengan orang yang tidak pernah merokok sebelumnya. Meskipun perlu waktu untuk memutar balik efek merokok, memiliki 15 tahun bebas rokok merupakan tonggak penting bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement