Senin 29 May 2023 16:17 WIB

Dokter di Penang Lebih Oke Kata Warganet, Ini Respons Kemenkes

Warganet bandingkan pelayanan dokter di Indonesia dengan Penang, Malaysia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Jubir Kemenkes), Mohammad Syahril. Menurut Syahril, berobat ke luar negeri bagi sebagian orang adalah gaya hidup.
Foto:

Sementara itu, Presiden Joko Widodo pada Maret lalu mengatakan nyaris dua juta orang Indonesia masih memilih berobat ke luar negeri setiap tahun. Angkanya, kurang lebih satu juta ke Malaysia, 750 ribu ke Singapura, dan sisanya ke Jepang, Amerika, Jerman, dan negara lainnya.

"Gara-gara ini, kita kehilangan devisa Rp165 triliun karena modal keluar," kata Presiden.

Mengenai hal tersebut, Syahril mengatakan dibutuhkan koreksi untuk dokter dan rumah sakit di Indonesia ke depannya. Meski tenaga dokternya tidak kalah hebat, tapi itu bukan itu satu-satunya faktor kepuasan pasien.

"Totalitas. Rumah sakit bersih, baik, pelayanannya juga baik, obat juga oke," ujarnya.

Selain itu, menurut Syahril, biaya berobat pun tidak boleh terlalu mahal. "Artinya ada yang tidak perlu diperiksa, buat apa diperiksa, yang membuat biaya terlalu mahal," ujarnya.

Syahril mengatakan inilah transformasi layanan kesehatan yang digalakkan Kementerian Kesehatan RI, salah satunya transformasi layanan rujukan. Dia menyebut, rumah sakit Indonesia juga ada yang bagus, seperti RS Dharmais untuk penanganan kanker dan RS Persahabatan untuk masalah paru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement