Senin 29 May 2023 15:17 WIB

Dokter Tirta dan Dokter Asa Ibrahim Tanggapi Cicitan Viral Operasi Lutut Rp 150 Juta

Warganet masih membahas cicitan yang mengklaim pengobatan di Penang lebih baik.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Cedera lutut (Ilustrasi). Warganet mengklaim ada pasien yang divonis harus operasi penggantian tempurung lutut, namun ternyata dokter di Penang, Malaysia memberikan solusi yang lebih murah dan simpel, yakni pakai koyok.
Foto:

Meskipun terjadi karena faktor alami, ada beberapa hal yang dapat mempercepat osteoarthritis. Pertama, ada patah tulang di dekat sendi yang tidak ditangani dengan baik. Kedua, pekerjaan yang melibatkan angkat-angkat berat.

"Tapi kalau pekerjaannya berat, banyak angkat berat, jalan jauh, bolak-balik terus tiap hari, kerusakan sendi akan terjadi lebih cepat," ujarnya.

Ketiga adalah kondisi obesitas, yakni indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 30. Semakin berat tubuh, semakin berat beban yang diterima lutut. Pada akhirnya, ini akan mempercepat kerusakan lutut.

"Jadi buat teman-teman yang dari perhitungan IMT nya >30 (obesity) dan terutama >35 (morbid obesity), baiknya berusaha untuk diturunkan ya. Karena risiko penyakit mulai dari sendi bisa sampai jantung dan lainnya yang akan jauh lebih tinggi. Terutama akan dirasakan usia >40 tahun," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement