Kamis 25 May 2023 20:22 WIB

Kaya Potasium, Biji Rami Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Biji rami alias flax seed bermanfaat untuk kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Biji rami alias flax seed terkenal akan kandungan potasiumnya yang tinggi.
Foto:

Tingginya kadar asam alfa-linolenat dan lignan yang ada dalam biji rami juga bermanfaat untuk menurunkan risiko hipertensi. Terlebih lagi, memasukkan 30 gram biji rami saja ke dalam makanan harian dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam 12 pekan.

"Ini termasuk sekitar 13 persen unit penurunan tekanan darah sistolik (SBP) dan lebih dari lima persen unit penurunan tekanan darah diastolik," kata Porter.

Menariknya, menikmati biji rami dalam jumlah sedikit pun dapat membawa perbedaan. Porter menjelaskan bahwa satu sendok makan flax seed mengandung dua gram serat, yaitu sekitar lima hingga delapan persen dari rekomendasi konsumsi harian.

Satu sendok makan biji rami juga mengandung sekitar 10 persen asupan tiamin dan tembaga harian. Mikronutrien itu membantu kekebalan dan kesehatan otak.

"Sangat mudah untuk memasukkan jumlah ini ke dalam makanan, terutama saat menambahkan dalam smoothie dan makanan panggang," ujar Porter.

Selain itu, Anda juga bisa membeli minyak biji rami. Minyak flax seed masih kaya akan vitamin yang dibutuhkan untuk menurunkan tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement