Ahad 21 May 2023 00:30 WIB

Pepaya Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Hati-Hati Kalau Alergi

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam pepaya mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Pepaya (ilustrasi). Pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Foto: www.pexels.com
Pepaya (ilustrasi). Pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah pepaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kaya akan kandungan zat gizi, pepaya cenderung mudah didapat dan harganya pun terjangkau.

Apa saja keunggulan buah pepaya? Sameena Ansari, ahli diet senior dan ahli gizi dari CARE Hospitals, Hi-Tec City, Hyderabad, India, berbagi manfaat kesehatan dari pepaya.

Baca Juga

Pertama, kaya nutrisi. Dilansir Indian Express, Jumat (19/5/2023), pepaya adalah sumber vitamin A dan C, folat, dan potasium yang baik.

Kedua, kesehatan pencernaan. Enzim papain dalam pepaya dapat membantu pencernaan dan meringankan sembelit.

Ketiga, sifat antioksidan. Pepaya mengandung antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh.

Keempat, dukungan sistem kekebalan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam pepaya mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Kelima, kesehatan mata. Vitamin A dan antioksidan lainnya dalam pepaya berkontribusi pada kesehatan mata yang baik.

Keenam, kesehatan kulit. Kehadiran antioksidan dan vitamin C dalam pepaya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan penyembuhan luka.

Melihat banyaknya kegunaan pepaya, Anda mungkin bertanya-tanya tentang nutrisi apa saja yang terkandung di dalam buah ini.

Satu buah pepaya ukuran sedang (sekitar 152 gram) biasanya mengandung 60 kalori, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan  0 gram lemak. Selain itu, ada juga vitamin C (157 persen dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI)), vitamin A (33 persen dari RDI), folat (14 persen dari RDI), dan kalium (11 persen dari RDI).

Konsumsi pepaya untuk pengidap diabetes dan ibu hamil

Didiagnosis diabetes tidak berarti orang harus berhenti mengonsumsi pepaya. Tetapi, penting bagi mereka untuk memantau kadar gula darah dan memastikan buah dikonsumsi secukupnya sebagai bagian dari diet seimbang.

Ansari mengungkapkan pengidap diabetes umumnya aman mengonsumsi pepaya dalam jumlah sedang. Seperti halnya buah apa pun, kontrol porsi sangat penting karena gula alami yang ada di dalam buah.

"Dianjurkan bagi penderita diabetes untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau ahli diet terdaftar untuk menentukan jumlah pepaya yang tepat untuk dimasukkan ke dalam makanan mereka," ujar Ansari.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement