Rabu 17 May 2023 13:42 WIB

Cegah Burnout agar Produktivitas Lebih Tinggi

Kelelahan dapat memengaruhi kesehatan Anda, mengubah pola makan dan mengganggu tidur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu cara paling sederhana untuk mulai mengatasi kelelahan adalah dengan tidur.. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Salah satu cara paling sederhana untuk mulai mengatasi kelelahan adalah dengan tidur.. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Wajar bila seseorang kerap kali mengalami burnout yang merupakan keadaan kelelahan yang muncul setelah berada dalam masa stres kronis. Kelelahan dapat memengaruhi kesehatan Anda, mengubah pola makan dan mengganggu tidur Anda.

Apakah Anda merasa akrab dengan kondisi seperti itu? Jangan khawatir, Anda tidak sendiri. Burnout dapat menyerang siapa saja, bekerja atau menganggur.

Baca Juga

Beberapa cara Anda dapat mengatasinya termasuk menetapkan batasan pekerjaan atau kehidupan rumah tangga. Tapi salah satu cara paling sederhana untuk mulai mengatasi kelelahan adalah dengan tidur.

1. Tidur lebih banyak untuk berpikir lebih sedikit dan akhirnya berbuat lebih banyak

Siapa pun yang pernah mengalami stres, berkeinginan untuk begadang atau bangun sangat pagi untuk maju hari itu. Kondisi mengurangi waktu itu ini justru menempatkan diri Anda di sudut yang menyakitkan. Apalagi jika dilakukan secara rutin. Kualitas pekerjaan yang sebenarnya Anda coba lakukan mungkin juga menurun.

 

2. Tidak tidur bisa mengubah pikiran orang dewasa menjadi otak balita.

Shelby Harris, seorang psikolog klinis mengatakan tidur sangat penting untuk fleksibilitas kognitif kita, yang merupakan kemampuan kita untuk merespons lingkungan kita dan beradaptasi dengan perubahan saat itu terjadi. Karena kemampuan Anda untuk merespons dan mencegah kejenuhan tergantung pada kemampuan Anda untuk mengenali saat Anda terlalu stres atau terlalu banyak bekerja, dan kemudian mencari cara untuk meredakan stres, Anda akan melihat bagaimana tidur berperan penting dalam pencegahan kejenuhan.

Di antara fungsi-fungsi lain yang penting bagi kesehatan, tidur membantu kita melakukan hal-hal yang penting untuk menangkal kejenuhan, antara lain memproses ingatan, konsentrat dan kelola stres.

 

3.Tidur juga memurnikan persepsi kita tentang dunia.

Tidur sangat penting untuk fungsi kognitif dan pemrosesan emosional kita sehingga kehilangan tujuh jam atau lebih yang krusial itu dapat membawa kita ke kondisi mental di mana calon ketidaknyamanan kecil terasa seperti akhir dunia, dan Anda merasa tidak ada perbaikan. untuk masalah.

Siapa pun yang pernah menghabiskan waktu dengan seorang anak kecil dan berjalan bersama mereka melalui konflik mungkin setuju dengan saya dengan anggapan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kemampuan pemecahan masalah tingkat balita.

Untuk membantu memantapkan gagasan bahwa kinerja Anda, dan kepuasan Anda dengan apa yang Anda lakukan, akan meningkat jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu tidur dan lebih sedikit waktu menatap masalah Anda). Bayangkan otak Anda sebagai komputer, dengan tidur sebagai pengisi dayanya.

 

4. Perlakukan rutinitas tidur Anda seperti charger untuk laptop Anda

Kita tahu bahwa kurang tidur memperlambat waktu reaksi dan kualitas tidur yang baik terkait dengan kinerja akademik yang lebih tinggi di kalangan mahasiswa, serta gaji yang lebih tinggi untuk pekerja profesional. Semakin baik Anda merawat mesin, semakin baik mesin bekerja untuk Anda. Dan itu berarti mematikan laptop Anda, mencolokkannya untuk mengisi daya, dan kadang-kadang meninggalkannya sendiri.

Jika Anda seperti banyak orang yang pernah mengalami kejenuhan, Anda mungkin kesulitan memisahkan tempat kerja dari rumah, yang juga berarti tempat tidur dan tidur.

Hindari hal-hal sederhana seperti menghindari membuka laptop Anda di tempat tidur dapat membantu Anda mengisi ulang yang sangat dibutuhkan. Jika kurang tidur umumnya menjadi masalah bagi Anda, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membenahi kamar tidur Anda atau di mana pun Anda tidur. Perubahan sederhana seperti mengurangi kebisingan dan menurunkan suhu ruangan dapat membantu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement