Kamis 18 May 2023 00:30 WIB

Menimbun Lemak di Otot Dapat Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Selama ini, lemak di perut saja yang dianggap berbahaya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pria memegang lengannya (Ilustrasi). Timbunan lemak di otot juga berbahaya bagi kesehatan.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Pria memegang lengannya (Ilustrasi). Timbunan lemak di otot juga berbahaya bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak penelitian telah mengidentifikasi kelebihan berat badan merupakan faktor risiko berbagai masalah kesehatan, mulai dari diabetes hingga strok, kolesterol, hingga aneka penyebab kematian. Salah satu metode yang digunakan oleh dokter untuk memperkirakan lemak tubuh adalah indeks massa tubuh (BMI).

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa BMI ini bukan satu-satunya yang dapat mendeteksi risiko kematian dini. Bahkan, tim peneliti menemukan bahwa menimbun lemak di area berbeda selain perut, juga bisa menimbulkan risiko.

Baca Juga

Temuan menunjukkan bahwa membawa lemak dalam jumlah besar di otot bisa menjadi lebih berbahaya. Dilansir Express, Rabu (17/5/2023), orang-orang yang menimbun lemak di area ini dua kali lebih rentan terhadap kematian dini daripada mereka yang berperut buncit.

Tim peneliti menggunakan artificial intelligence (AI) atau pembelajaran mesin untuk mengekstrak metrik komposisi tubuh dari CT scan perut pada orang dewasa tanpa gejala. Mereka telah menjalani pemeriksaan rutin untuk kanker usus antara tahun 2004 dan 2016.

Selanjutnya, lemak di otot diidentifikasi pada 55 persen dari 507 peserta yang meninggal selama rata-rata tindak lanjut hampir sembilan tahun. Kondisi yang dikenal secara medis sebagai myosteatosis bisa tanpa gejala dan menyebabkan serangan jantung atau strok.

Melihat hampir 9.000 orang dewasa, studi tersebut menemukan risiko kematian pada 10 tahun adalah 15,5 persen. Mereka yang mengalami obesitas hanya memiliki risiko kematian dini 7,6 persen lebih tinggi.

Myosteatosis juga menjadi faktor penyebab penyakit lain, termasuk lemak di sekitar organ perut dan penyakit hati berlemak. Meskipun semakin banyak bukti bahayanya, hal itu sering diabaikan dalam komunitas medis.

"Menariknya, hubungan itu tidak bergantung pada usia atau penanda obesitas seperti BMI. Dengan kata lain, ini berarti bahwa penumpukan lemak di otot tidak hanya disebabkan oleh usia yang lebih tua atau kelebihan lemak di lokasi lain di tubuh," ujar penulis utama studi tersebut, dr Maxime Nachit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement