Rabu 17 May 2023 01:04 WIB

Makan Larut Malam Justru Bikin Lebih Lapar

Ada banyak manfaat dari makan setidaknya dua jam sebelum tidur.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Mencari kudapan di kulkas pada malam hari (Ilustrasi). Makan mendekati waktu tidur itu memiliki implikasi kesehatan yang negatif.
Foto:

Berikut beberapa alasan Anda harus menghindari makan larut malam:

1. Pengaturan hormon yang terganggu

Makan terlambat mengganggu pengaturan hormon pemicu rasa lapar, meningkatkan nafsu makan, mengidam, dan risiko makan berlebihan. Hal itu berkontribusi pada penambahan berat badan dan obesitas.

2. Pencernaan terganggu

Makan larut malam mengganggu proses pencernaan alami tubuh. Metabolisme malam hari yang lebih lambat dan mengonsumsi makanan berat mendekati waktu tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, refluks asam, dan gangguan tidur.

3. Kualitas tidur yang buruk

Makan larut malam dikaitkan dengan tidur yang buruk. Mencerna makanan dalam jumlah besar atau mengonsumsi zat perangsang mengganggu pola tidur, akan membuat lebih sulit untuk tertidur.

4. Peningkatan risiko penyakit kronis

Makan larut malam secara teratur meningkatkan risiko kondisi kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan sindrom metabolik, yang memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang. Sebaliknya, makan tepat waktu menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan dan gaya hidup secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement