Senin 15 May 2023 07:29 WIB

Terhirup, Asap Obat Nyamuk Bakar Bahayanya Setara dengan Mengisap 100 Batang Rokok

Asap yang keluar dari obat nyamuk bakar berdampak buruk bagi paru-paru.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Obat nyamuk bakar. Obat nyamuk bakar tradisional biasanya dibuat dari pasta kering terbuat dari bubuk piretrum.
Foto:

Mengapa hal ini terjadi? Dilansir Times Now News, Ahad (14/5/2023), obat nyamuk bakar tradisional biasanya dibuat dari pasta kering terbuat dari bubuk piretrum.

Sementara itu, obat nyamuk bakar modern mengandung insektisida piretroid atau zat yang berasal dari tanaman seperti serai wangi. Namun, menurut University of Sydney, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa obat nyamuk bakar yang mengandung insektisida dapat mencegah malaria atau menghentikan nyamuk menggigit tubuh seseorang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, patogen yang ditularkan oleh nyamuk membunuh lebih dari setengah juta orang setiap tahun dan membuat ratusan ribu orang sakit di seluruh dunia. Malaria adalah kasus yang terburuk, sementara demam berdarah terus berdampak luas.

Untuk mencegah risiko kesehatan yang terkait dengan nyamuk, para ahli kesehatan menyarankan setiap orang melindungi diri dengan mengenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang, tidur menggunakan kelambu, mengoleskan obat nyamuk topikal, menghindari genangan air di sekitar rumah untuk menghentikan perkembangbiakan nyamuk, serta melakukan pengasapan secara berkala untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement