Jumat 12 May 2023 19:29 WIB

Serial 'Jurnal Risa' Bisa Ditonton Anak, Adegan Sadis Sudah Dikurasi

Serial 'Jurnal Risa' akan tayang di platform Disney+ Hotstar

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Produser Manoj Punjabi, sutradara Awi Suryadi, penulis buku Jurnal Risa Risa Saraswati, beserta para pemain, dalam konferensi pers jelang Gala Premiere serial Jurnal Risa di CGV Grand Indonesia, Jumat (12/5/2023).
Foto: Republiika/Rahma Sulistya
Produser Manoj Punjabi, sutradara Awi Suryadi, penulis buku Jurnal Risa Risa Saraswati, beserta para pemain, dalam konferensi pers jelang Gala Premiere serial Jurnal Risa di CGV Grand Indonesia, Jumat (12/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah produksi MD Entertainment kembali membuat suguhan dalam Danur Universe. Serial “Jurnal Risa”, sebuah tayangan yang segera dirilis di platform Disney+ Hotstar, akan menjadi tontonan bergenre horor namun ramah anak.

Sutradara Awi Suryadi mengatakan, dalam proses pembuatannya tidak membutuhkan psikolog, lantaran adegan sudah dikurasi sendiri. “Cuma dari penulis naskah yang ngobrol, terus tadinya beberapa backstory yang terlihat sadis dipikirkan lagi,” ujar Awi saat ditemui Republika.co.id dalam gala premiere serial “Jurnal Risa” di CGV Grand Indonesia, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga

Ia memberi contoh kisah hantu Belanda dalam serial ini, di mana Belanda dikenal sebagai penjajah bangsa Indonesia dan amarah warga pribumi pada saat itu cukup sadis dengan para penjajah. Backstory seperti pembunuhan sadis itu tidak diperlihatkan dengan lugas.

Karena penontonnya memang ditargetkan untuk semua umur, adegan seperti itu hanya ditunjukan lewat bayangan. “Kami juga nggak tunjukin muka saat adegan pembunuhan karena kita selalu mikirin tayangannya untuk segala umur,” ujar Awi yang juga merupakan sutradara Danur 1, 2, 3.

Para pemeran utama yang merupakan anak-anak usia 10 hingga 13 tahun, juga selalu didampingi orang tua mereka. Jika ada make-up yang terlalu seram, mereka juga dikasih lihat dulu sehingga tidak kaget saat di set.

“Kalau make-up-nya agak seram, mereka nggak kaget, biar mereka tahu, mereka datang dengan muka normal, terus liat proses make-up-nya. Meskipun kalau kita shooting di perkampungan, ada anak kecil nggak sengaja lihat, ya mereka takut,” kata Awi.

Selain itu, Risa sebagai orang yang "berteman" dengan makhluk halus, bahkan meminta izin dulu dengan teman-teman astralnya yakni Peter cs. Peter cs sendiri yang dikatakan Risa meminta untuk tidak ada adegan sadis dan berdarah-darah.

Agar anak-anak tidak terlalu merasa ketakutan saat menonton serial “Jurnal Risa”, Risa Saraswati menyarankan untuk menonton ramai-ramai baik itu dengan teman maupun orang tua. Bagi Risa, serial ini tidak terlalu menyeramkan dan hanya memperlihatkan anak-anak yang sedang berpetualang.

“Ini adalah serial yang cocok banget untuk kumpul keluarga, nonton bareng, ada orang tua dan anak-anak. Di situ juga ada mitos-mitos yang bisa jadi bahan diskusi,” kata Risa dalam konferensi pers di CGV Grand Indonesia, Jumat (12/5/2023).

Serial ini akan menceritakan tentang Risa dan sepupu-sepupunya bertumbuh, dengan kemampuan indigo mereka. “Jurnal Risa” mulai tayang di platform Disney+ Hotstar pada Sabtu, 27 Mei 2023, total akan ada 10 episode di mana tiap episodenya akan dirilis setiap Sabtu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement