Jumat 12 May 2023 19:40 WIB

Khawatir Talasemia? Coba Cek Darah Buat Analisis Hemoglobin

Pemeriksaan analisis Hb dapat dilakukan saat anak duduk di kelas dua SMP.

Seorang pasien thalassemia muda menerima transfusi darah di pusat medis Frontier Foundation, pada Hari Thalassemia Sedunia, di Peshawar, Pakistan, Senin (8/5/2023). Thalassemia adalah penyakit darah yang diturunkan. Hari Talasemia Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 08 Mei. Tema Hari Talasemia Sedunia tahun ini adalah
Foto:

Teny menyarankan analisis hemoglobin dilakukan tiga hingga empat pekan setelah transfusi darah. Sebab, pada saat itu hemoglobin sudah agak turun sekitar tujuh gram per desiliter (7 g/dL).

Pemerintah sudah mulai mencanangkan pemeriksaan analisis Hb saat seorang anak duduk di kelas dua sekolah menengah pertama. Itu penting agar anak tahu dirinya membawa sifat talasemia atau justru normal.

"(Kalau tidak saat SMP) sebelum menikah kita harus periksa darah dulu sebenarnya. Pemerintah ingin pasangan yang menikah dalam keadaan sehat supaya membuat keluarga yang bahagia dan sehat," kata Teny.

Kemudian, apabila seseorang sudah dinyatakan mengalami talasemia maka dia harus menjalani tata laksana dengan baik. Dengan begitu, kualitas hidupnya di masa depan juga baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement