Kamis 11 May 2023 14:38 WIB

Fakta Unik Coldplay yang Jarang Diketahui, Pernah tak Yakin Bisa Collab dengan BTS

Sebelum datang ke konser 15 November, ini fakta Coldplay yang perlu penggemar tahu.

Band Coldplay. Ada beberapa fakta Coldplay yang belum banyak diketahui penggemar.
Foto: EPA
Band Coldplay. Ada beberapa fakta Coldplay yang belum banyak diketahui penggemar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band Coldplay telah terbentuk lebih dari 20 tahun lalu. Sejak saat itu, kepopuleran band ini tak terbendung. 

Grup yang terdiri dari Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion ini telah menghasilkan banyak hit selama bertahun-tahun, termasuk kolaborasi mereka dengan grup K-pop BTS  melalui tembang “My Universe” dan lagu terbaru mereka berjudul “Humankind” yang memiliki video spektakuler.

Baca Juga

Ada begitu banyak fakta unik mengenai Coldplay yang perlu diketahui penggemar sebelum menyaksikan konser”Music of the Spheres World Tour” di GBK, Jakarta, pada 15 November 2023. Berikut ulasannya:

1. Coldplay bukan nama awal

Coldplay tidak selalu disebut Coldplay. Band ini terbentuk pada 1996 ketika Chris Martin bertemu dengan gitaris utama Jonny Buckland di universitas di London. Sebagai duo, mereka dikenal sebagai Pectoralz. Guy Berryman kemudian bergabung sebagai pemain bas dan mereka berganti nama menjadi Starfish.

Beberapa saat kemudian, drummer dan vokalis pendukung Will Champion bergabung untuk melengkapi formasi. Pada 1998, band ini berganti nama menjadi Coldplay. Hal ini pernah dijelaskan Chris Martin di segmen Carpool Karaoke dengan James Corden.

2. Inspirasi di balik judul lagu “Yellow”

Lagu Coldplay yang dirilis pada tahun 2000, “Yellow”, disebut demikian karena Chris Martin melihat halaman berwarna kuning ketika mencoba memikirkan nama untuk lagu tersebut. Tidak seromantis yang penggemar kira rupanya.

3. Asal personel Coldplay

Semua anggota band bertemu di universitas di London, tetapi mereka berasal dari seluruh Inggris. Chris Martin berasal dari desa dekat Exeter di Devon, sedangkan Jonny Buckland berasal dari London. Guy Berryman lahir di Kirkcaldy, Skotlandia; dan Will Champion berasal dari Southampton.

4. Apakah salah satu band pernah kuliah?

Mereka menjalani pendidikan di perguruan tinggi, di situlah mereka bertemu. Tiga anggota Coldplay melanjutkan gelar universitas mereka pada hari-hari awal band ini dimulai, tetapi Guy memutuskan untuk bekerja di bar London. Chris memiliki gelar dalam Studi Dunia Kuno (Ancient World Studies) dan Jonny belajar Astronomi dan Matematika.

5. Bagaimana video musik untuk “The Scientist” difilmkan?

Seperti yang diketahui oleh para penggemar Coldplay, video musik untuk “The Scientist” bukan video musik biasa. Seluruh video diputar terbalik, memperlihatkan Chris berjalan mundur dan menceritakan alur cerita dari akhir, hingga awal. Chris, bagaimanapun, menyanyikan lagu itu dari awal hingga akhir.

Jadi bagaimana ini difilmkan? Sederhana, Chris Martin harus belajar menyanyikan “The Scientist” mundur untuk video musik, yang membuatnya semakin mengesankan.

6. Lokasi merekam musik

Coldplay memiliki studio sendiri di London bagian utara. Mereka membeli sebuah toko roti pada tahun 2006 dan mengubahnya menjadi sebuah studio yang diberi nama The Bakery. Mereka memutuskan untuk mendapatkan studio untuk membantu mereka memfokuskan kembali setelah kesuksesan album X&Y.

7. Lagu “Something Just Like This” memecahkan rekor

Video lirik single Coldplay bersama The Chainsmokers, “Something Just Like This” memecahkan rekor streaming terbanyak dalam 24 jam. Lagu tersebut dinikmati lebih dari sembilan juta aliran dalam 24 jam pertama, mengesankan!

8. Presiden ke-44 AS Barrack Obama adalah penggemar Coldplay

Obama adalah penggemar berat Coldplay. Pada 2012 terungkap musik mereka dimuat ke iPod-nya. 

9. Siapakah Phil Harvey?

Phil Harvey adalah direktur kreatif dan mantan manajer band saat ini yang mengelola Coldplay sendirian selama tahun-tahun awal mereka. Dia sering disebut sebagai anggota kelima band.

10. Coldplay ada di film apa saja?

Baik Chris Martin dan Jonny Buckland membuat penampilan sebagai kameo dalam film horor komedi Shaun of the Dead. Mereka bahkan berteman baik dengan bintang film Simon Pegg. Chris Martin juga muncul di sebuah episode”Modern Family” Musim 9 yang ditayangkan pada November 2017.

11. Tur ramah lingkungan

Pada 2019 terungkap bahwa Coldplay akan beristirahat dari tur sampai konser mereka bisa bermanfaat bagi lingkungan. Pada 2022, band berjanji bahwa tur mendatang mereka akan mengurangi emisi langsung lebih dari 50 persen dibandingkan dengan tur sebelumnya pada 2016-2017.

12. Chris Martin tak terbayang kolaborasi dengan BTS terwujud

Coldplay merilis lagu mereka “My Universe” bersama boyband terkenal dunia BTS pada 30 September 2021. Terlepas dari kesuksesan lagu tersebut, Chris Martin mengungkapkan bahwa dia tidak yakin kolaborasi itu akan pernah terjadi. Dia mempertanyakan bagaimana kedua jenis suara mereka akan cocok satu sama lain.

Dalam sebuah wawancara dengan Ellen Degeneres, dia berbagi bagaimana kolaborasi itu terjadi: "(Kolaborasi) itu terjadi karena seseorang berkata kepada saya, 'Oh, BTS meminta Anda membuatkan lagu untuk mereka', itulah yang saya diberitahu," ujarnya dikutip dari laman planetradio.co.uk.

Pada April 2022, dia juga berkata di podcast Audacy: "Saya rasa kami tidak akan pernah bisa menyamai kejutan BTS. Itu bahkan mengejutkan kami," jelasnya.

Martin kemudian mengatakan, "Luar biasa. Pelajaran untuk diri saya untuk membuka pikiran sepanjang waktu karena Anda tidak pernah tahu kehidupan atau musik apa yang akan buat,” kata dia.

13. Memegang rekor BRIT Award

Coldplay memiliki rekor saat ini untuk nominasi BRIT Award terbanyak untuk sebuah band dengan 30 nominasi hingga saat ini. Dari jumlah tersebut, mereka telah memenangkan sembilan BRIT Awards selama bertahun-tahun, dengan penghargaan pertama mereka pada tahun 2011 untuk British Group dan British Album of the Year, dan yang terbaru pada tahun 2016 untuk British Group. Mereka dinominasikan dalam BRIT Awards 2022 untuk Best Rock/Alternative Act dan Best Group, tetapi penghargaan tersebut masing-masing jatuh ke tangan Sam Fender dan Wolf Alice.

14. Penampilan pertama setelah pandemi adalah di atas ponton

Coldplay mengadakan pertunjukan TV pertama mereka setelah pandemi Covid-19 di BRIT Awards pada 2021 dari sebuah ponton. Mereka membawakan lagu “Higher Power” dan memukau penggemar dengan pertunjukan cahaya dan kembang api yang luar biasa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement