Rabu 10 May 2023 16:05 WIB

Sebelum ke Konser Coldplay, Ini Lagu yang Perlu Penggemar Tahu

Coldplay merilis lagu pertamanya pada tahun 2000.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Band Coldplay. Coldplay akan menggelar konser pada 15 November 2023. Sebelum datang ke konsernya, ada beberapa lagu yang perlu kamu tahu.
Foto: EPA
Band Coldplay. Coldplay akan menggelar konser pada 15 November 2023. Sebelum datang ke konsernya, ada beberapa lagu yang perlu kamu tahu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band asal Inggris, Coldplay, dikonfirmasi akan menggelar konser pertamanya di Indonesia. Konser tersebut akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada 15 November 2023.

Coldplay merupakan band yang hingga sekarang memiliki banyak penggemar dan terus menghasilkan lagu terbaru. Mereka memiliki lagu hit pertama pada tahun 2000 dan menjadi salah satu band pop-rock paling dicintai di dunia.

Baca Juga

Berikut deretan lagu Coldplay sepanjang masa yang wajib kamu tahu sebelumnya datang ke konser:

1. "Paradise" (2011)

"Paradise" adalah single kedua yang dirilis dari album Coldplay Mylo Xyloto. Comebacknya membuat grup itu mendapatkan nominasi Grammy Award untuk Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik. "Paradise" menjadi lagu hit lima teratas di Amerika Serikat (AS) di tangga lagu pop alternatif dan rock.

2. "Hymn For the Weekend" (2016)

"Hymn For the Weekend" dirilis sebagai single kedua dari album A Head Full of Dreams. Lagu ini mencetak prestasi dengan mencapai 10 besar di tangga lagu rock dan dance. Selain itu, juga mencapai 10 besar di radio pop dewasa dan 20 besar di chart radio pop.

3. "The Scientist" (2002)

"The Scientist" adalah lagu yang dibuat berdasarkan penyesalan yang dirilis sebagai single kedua dari album A Rush Of Blood To the Head. Coldplay mencapai 10 besar di Inggris dan Kanada dengan "The Scientist" dan mencapai 20 besar di tangga lagu radio alternatif AS. Rolling Stone memasukkan "The Scientist" ke dalam daftar 100 lagu teratas dekade itu.

4. "A Sky Full of Stars" (2014)

Coldplay bergabung dengan produser Avicii dan Paul Epworth untuk menciptakan tembang "A Sky Full of Stars". Hasil kolaborasi tersebut membuahkan pencapaian dengan menjadi single hit 10 pop teratas ketiga Coldplay di AS dan pertama dalam enam tahun. Kesuksesan tangga lagu lintas genre musik mencapai urutan pertama di tangga lagu rock dan dance dan mencapai 10 besar di radio pop dewasa. "A Sky Full Of Stars" juga mendapatkan nominasi Grammy Award untuk Best Pop Duo or Group Performance.

5. "Fix You" (2005)

Chris Martin dari Coldplay mengatakan, inspirasi untuk lagu "Fix You" dimulai dengan suara dari kibor yang tertinggal setelah ayah mertuanya, Bruce Paltrow, meninggal. Chris Martin masih menangis setiap kali mendengarnya.

Lagu tersebut perlahan dibangun melalui lirik yang bertujuan untuk membantu seseorang mengatasi kesulitan. "Fix You" adalah hit pop lima teratas di Inggris dan mencapai 20 besar tangga lagu alternatif AS.

5. "Yellow" (2000)

"Yellow" mencapai urutan keempat di Inggris dan kemudian masuk ke 10 besar tangga lagu radio alternatif di AS. Selain itu, "Yellow" juga mencapai urutan ke-11 di radio pop dewasa. "Yellow" mendapatkan dua nominasi Grammy Award termasuk untuk Best Rock Song.

6. "Viva La Vida" (2008)

Dilansir laman LiveAbout, Rabu (10/5/2023), "Viva La Vida" adalah pencapaian besar dalam penulisan lagu dan rekaman. Judul lagu diambil dari lukisan karya seniman Meksiko Frida Kahlo. Terjemahan bahasa Inggris dari judulnya adalah "Live the Life".

"Viva La Vida" memenangkan Grammy Award untuk Song of the Year dan dinominasikan untuk Record of the Year. Lagu tersebut juga mencapai puncak di radio alternatif, pop dewasa, dan kontemporer dewasa. Banyak publikasi mencantumkan "Viva La Vida" sebagai salah satu dari 10 lagu terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement