Rabu 10 May 2023 08:51 WIB

Baru Mulai Bisnis Daring? Simak Tip Ampuh Ini

Banyak pelaku usaha yang tidak fokus dan tidak konsisten dalam menjalankan bisnis.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Agar berhasil berbisnis online, bisa memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Andy Wong
Agar berhasil berbisnis online, bisa memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi Anda yang sedang mencari tambahan penghasilan, membuka usaha daring bisa menjadi opsi yang tepat. Terlebih, di era digital saat semua orang menggunakan media sosial untuk banyak keperluan, termasuk berjualan.

Sebelum Anda merintis usaha, ada baiknya menyimak sejumlah tip dari pelaku usaha yang sudah menjalankan bisnisnya selama beberapa tahun. Pemilik usaha Universa Sajadah, Renato Akbar, mengatakan untuk selalu jujur dalam berjualan.

Baca Juga

“Jangan pernah takut, selalu akan ada jalan. Yang penting jujur. Jujur pada diri sendiri, apa peran kita di dunia ini. Setiap orang punya peran masing-masing. Peran inilah menjadi media supaya kita bisa memberi manfaat ke banyak orang,” kata Akbar dalam Konferensi Pers Tokopedia: Tren Belanja Online Selama Ramadhan-Lebaran 2023 di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2023).

Selain jujur, Akbar mengatakan untuk selalu konsisten. Sebab, dia melihat banyak pelaku usaha yang tidak fokus dan tidak konsisten dalam menjalankan bisnis.

“Ada yang seperti kutu lompat, datang pergi. Harus tetap konsisten dan istiqomah. Orientasi jangan hasil tetapi terus berusaha karena hasil sudah urusan Tuhan. Yang penting terus baik sangka, bersyukur, tawakal dan ikhlas,” ujar dia.

Sementara itu, pendiri Bruule Sarila Danubrata mengatakan hal pertama yang perlu dilakukan sebelum merintis usaha adalah luruskan niat dan mencari tahu jenis usaha yang akan dijalankan. Menurut dia, menentukan produk yang sesuai dengan pasar merupakan hal utama.

Selain itu, dia juga menyarankan untuk selalu memperhatikan detail-detail, seperti packaging produk. “Karena kita dalam bidang usaha makanan, packaging sangat kami perhatikan. Itu bisa membantu produk sampai dengan aman ke pelanggan,” kata dia.

Terakhir, Sarila menyarankan untuk selalu memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin. Ulasan dari pelanggan menjadi hal yang paling diperhatikan untuk menarik konsumen baru. “Awalnya Brulee banyak review dari pelanggan dan itu menjadi word of mouth yang sangat efektif,” ucap dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement