Rabu 03 May 2023 09:20 WIB

Makanan Ini Bisa Bantu Tidur Pulas Sekaligus Turunkan Berat Badan

Ada empat makanan yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pria sedang tidur (Ilustrasi). Makanan dan kebiasaan makan dapat memengaruhi pola dan perilaku tidur.
Foto: www.freepik.com
Pria sedang tidur (Ilustrasi). Makanan dan kebiasaan makan dapat memengaruhi pola dan perilaku tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi jenis makanan yang tepat dan melakukan perubahan gaya hidup sederhana dapat membuat perbedaan besar untuk lebih sehat. Pakar diet Michael Mosley yang memperkenalkan diet 5:2 dan Fast 800 mengungkapkan cara untuk mewujudkannya.

Mosley mengidentifikasi empat makanan yang menurutnya dapat meningkatkan kualitas tidur sekaligus memiliki efek samping menurunkan berat badan. Dengan tidur nyenyak, seseorang dapat membuat pilihan makanan yang lebih sehat di hari berikutnya.

Baca Juga

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan karena seseorang lebih cenderung membuat pilihan makanan yang buruk saat lelah. Kurang tidur juga mengintensifkan hormon ghrelin yang memicu rasa lapar.

"Makanan dan kebiasaan makan dapat memengaruhi pola dan perilaku tidur. Mekanan yang cenderung membantu orang tidur lebih nyenyak: ikan berminyak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau," ungkap Mosley, dikutip dari laman Chronicle Live, Rabu (3/5/2023).

Dia menjelaskan, ikan berminyak berdampak baik pada kualitas tidur karena tinggi asam lemak omega-3 dan vitamin D. Kedua nutrisi tersebut telah diakui meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin. Serotonin kemudian diubah menjadi melatonin, hormon tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement