Rabu 03 May 2023 07:32 WIB

Libur Telah Usai, Begini Cara Kembalikan Semangat Anak untuk Masuk Sekolah Lagi

Mengatur ulang jadwal tidur anak menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan.

Pelajar beraktivitas saat jam istirahat di SDN Pejaten Barat 01, Jakarta, Selasa (2/5/2023). Pada hari pertama sekolah usai libur lebaran 1444 hijriah, kegiatan belajar mengajar mulai aktif kembali untuk semua jenjang pendidikan  SD, SMP, dan SMA yang bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional 2023.
Foto:

Dihubungi terpisah, psikolog anak Samanta Elsener menyerukan agar orang tua turut serta membangkitkan semangat anak untuk kembali ke sekolah. Orang tua bisa menciptakan suasana yang menyenangkan tentang kembali ke sekolah kepada anak agar mereka siap ke sekolah.

"Orang tua diharapkan menghindari hal-hal yang memicu anak menjadi cemas atau tidak semangat ke sekolah," ujar Samanta.

Mempersiapkan anak kembali ke sekolah, menurut Samanta, bisa dilakukan minimal tiga hari sebelum hari H masuk sekolah. Dia juga menyarankan orang tua untuk menghindari distraksi seperti gawai sebelum tidur supaya anak memiliki kualitas tidur yang baik.

Kualitas tidur yang baik pada anak dapat membuat mereka bangun lebih segar, lebih konsentrasi saat belajar, dan relatif stabil emosinya. Jika anak merasa cemas atau tertekan saat merasa harus kembali ke sekolah, Samanta menjelaskan agar sebaiknya orang tua mengajak anak berbicara dan mendengarkan keluhan mereka.

Ajarkan anak untuk mengatasi rasa cemas atau tertekannya, misalnya melakukan relaksasi. Caranya bisa melalui latihan pernapasan, grounding atau metode pengalihan perhatian, menggerakkan tubuh, mendengarkan lagu, dan lainnya, untuk menetralkan kembali emosi mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement