Rabu 03 May 2023 06:30 WIB

4 Cara Sederhana Redam Floater Mata yang Mengganggu

Hampir setiap orang akan memiliki floater seiring dengan bertambahnya usia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata. Floater yang berterbangan di lapang pandang bisa memunculkan rasa tidak nyaman, mendistraksi, serta mengganggu penglihatan.
Foto:

Jaga Hidrasi

Asupan cairan yang cukup penting untuk menunjang kesehatan mata. Alasannya, sekitar 98 persen vitreous humour di mata terdiri dari air. Dehidrasi yang terjadi berulang kali bisa membuat vitreous kehilangan bentuknya atau menciut. Kondisi tersebut turut berkontribusi pada terbentuknya floater.

"Minum cukup air juga membantu tubuh membuang racun dan kotoran, yang merupakan faktor lain dari pembentukan floater," tambah Dr Brewer.

Istirahatkan

Kurang tidur di malam hari dapat membuat floater terlihat lebih jelas di lapang pandang. Kemunculan floater juga bisa memburuk bila pengidapnya selalu menatap layar gawai.

"Karena floater tampak lebih jelas pada latar yang terang dan Anda kemungkinan akan memberikan perhatian lebih pada (tampilan floater)," ujar Dr Brewer.

Suplemen

Pola makan merupakan prioritas utama untuk mendapatkan asupan mikronutrien. Namun, ada kalanya, orang-orang tak bisa mendapatkan mikronutrien yang cukup hanya dengan mengandalkan asupan makanan. Bila dirasa perlu, penggunaan suplemen juga dapat membantu memenuhi mikronutrien atau zat gizi yang diperlukan untuk menunjang kesehatan mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement