Senin 01 May 2023 20:15 WIB

Sikap Percaya Diri Jadi Kesan Penting Pertama Saat Wawancara Kerja

Pelamar harus menunjukkan kepercayaan dirinya saat menjalani proses wawancara.

Perempuan menjalani wawancara saat melamar pekerjaan (ilustrasi). Pelamar perlu tampil percaya diri, namun tidak berlebihan, saat menjalani waancara kerja.
Foto:

Jauh hari sebelum sesi wawancara diikuti, penting pula untuk berefleksi terhadap diri sendiri terlebih dahulu mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan diri. Di samping itu, tanyakan pula pada orang-orang seperti apa penilaian mereka terhadap kelebihan dan kekurangan diri Anda.

"Misalnya kita bingung, kita bisa tanya langsung sama orang-orang terdekat kita sebetulnya kelebihannya apa, sih, terkait dengan diri kita yang bisa kita kenali yang mungkin kita nggak sadar," ujar Tiara.

Menurut Tiara, aspek kekurangan yang ada pada diri sendiri juga bisa ditutupi atau dilengkapi dengan kelebihan yang dimiliki sehingga akan tampak lebih seimbang. Sebagai contoh, seseorang lebih senang bekerja mandiri daripada bekerja secara kelompok.

Pelamar kerja mungkin menilai hal itu sebagai salah satu kekurangan diri. Padahal, hal tersebut bisa jadi tidak sepenuhnya dianggap kekurangan.

"'Mungkin karena saya biasa bekerja sendiri, jadi, membutuhkan proses atau waktu yang agak lebih lama untuk bisa menyesuaikan dengan lingkungan, misalnya pada saat saya bekerja secara kelompok. Tapi, di luar itu, saya biasanya cepat dan mandiri'," kata Tiara mencontohkan.

Kekurangan diri, menurut Tiara, bisa ditutupi atau digantikan dengan kelebihan yang dimiliki.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement