Rabu 26 Apr 2023 21:30 WIB

Cara Tepat Menghangatkan Makanan

Tiap jenis makanan perlu dihangatkan dengan cara khusus.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Menghangatkan makanan (ilustrasi).
Foto:

4. Steak, burger, dan ayam panggang

Potongan daging termasuk steak, adalah makanan lain yang sulit untuk dipanaskan kembali. Jangan takut, karena ada cara lain.

Meskipun memanaskan kembali steak atau ikan panggang dalam air fryer atau microwave bukanlah hal yang mustahil, tapi kemungkinan besar kedua alat itu malah akan membuat daging menjadi kering. Cara terbaik adalah memanaskan kembali dalam wajan stainless panas tertutup, dan tidak lebih dari satu menit di setiap sisi.

Permukaan wajan yang panas akan mengembalikan tekstur daging. Menjaga agar wajan tetap tertutup akan membantu menghangatkannya, sebelum panas pada wajan akan membuat daging terlalu matang.

Untuk ikan yang lembut, lebih baik menggunakan wajan antilengket agar daging ikan tidak lengket atau hancur. Perlu diingat, daging yang dipanaskan ulang tidak akan pernah sebagus saat pertama kali disajikan, tetapi metode ini akan membuatnya lebih baik saat dimakan.

 

5. Daging yang direbus, dipanggang, atau dimasak lambat

Hidangan yang direbus seperti ayam dalam saus atau iga yang dimasak lambat,harus dipanaskan kembali dengan cara yang meniru cara memasaknya. Panaskan saja dengan perlahan selama beberapa menit dalam panci antilengket atau stainless steel tertutup, dengan 30 ml air atau kaldu ayam.

Cairan panas akan menghangatkan dan melembutkan kembali tekstur daging yang direbus atau dipanggang perlahan, serta mengembalikan kelembutannya yang juicy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement