Rabu 26 Apr 2023 21:30 WIB

Cara Tepat Menghangatkan Makanan

Tiap jenis makanan perlu dihangatkan dengan cara khusus.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Menghangatkan makanan (ilustrasi).
Foto: Unsplash
Menghangatkan makanan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang memilih memanaskan makanan dengan microwave. Selain itu, ada juga yang menggunakan kompor, baik dengan mengukus maupun menggoreng ulang.

Sebetulnya, tiap makanan memerlukan cara pemanasan kembali yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan cara memanaskannya kembali, dilansir dari CNet, Sabtu (21/1/2023).

Baca Juga

1. Hidangan mi, pasta, dan nasi

Hidangan pasta Italia, kari India dengan nasi, mi Thailand, Vietnam, dan Korea, serta tumis Cina, semua adalah makanan yang biasanya dibungkus untuk dibawa pulang. Ini adalah hidangan yang mengandung pati, seperti nasi atau mi dengan sayuran potong dadu, protein, dan saus.

 

Satu hal yang bisa dilakukan untuk semua jenis masakan itu adalah paling baik dipanaskan kembali dalam wajan antilengket. Masukkan saja semuanya ke dalam wajan antilengket dengan api sedang, aduk sesekali dan dalam beberapa menit.

Untuk hidangan nasi, pertimbangkan wajan baja tahan karat, baja karbon, atau besi tuang untuk mendapatkan nasi yang renyah. Dengan cara-cara ini, bisa dipastikan kita akan mendapat makanan seperti ketika pertama kali membelinya.

2. Pizza dan roti pipih

Air fryer dapat memanaskan kembali pizza menjadi renyah sempurna dalam waktu sekitar dua menit pada suhu 200 derajat Celsius, tergantung seberapa besar dan tebal pizza tersebut. Pastikan untuk menggunakan bagian bawah keranjang air fryer yang panas dan rata, sehingga dapat memanggang bagian bawah pizza atau roti pipih.

3. Ayam goreng, kentang goreng, dan gorengan lainnya

Makanan goreng sisa secara historis menjadi salah satu yang paling sulit untuk dipanaskan kembali. Dengan memasukkan ke dalam air fryer, rasa  ayam goreng, pangsit goreng, stik mozzarella, dan bahkan kentang goreng bisa dipulihkan. Mirip dengan pizza, hanya perlu beberapa menit untuk memanaskannya.

Untuk potongan ayam yang lebih tebal, gunakan suhu yang lebih rendah sekitar 162 derajat hingga 176 derajat Celsius selama tiga menit atau lebih, untuk memastikan tidak membakar bagian luarnya sebelum bagian tengahnya memiliki waktu untuk menghangatkannya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement