Kamis 27 Apr 2023 13:00 WIB

Cara Pulihkan Stamina Setelah Libur Lebaran

Menjalani berbagai kegiatan selama merayakan lebaran bisa membuat tubuh letih.

Sejulah warga terjebak macet saat pemberlakuan buka tutup jalur wisata Anyer di Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Selasa (25/4/2023). Sistem buka tutup dari arah Jakarta menuju kawasan wisata Anyer dan sebaliknya tersebut diberlakukan akibat membludaknya volume kendaraan menuju tempat wisata saat libur Lebaran 2023. Pulihkan stamina setelah libur lebaran.
Foto:

Olahraga kardio bisa menstimulasi jantung dan melatih otot-otot besar seperti otot tungkai kiri dan kanan. Olahraga ringan kardio yang bisa dilakukan antara lain jalan cepat dan bersepeda.

Samuel juga menganjurkan untuk melakukan latihan angkat beban untuk memulihkan kondisi otot yang tidak dilatih selama libur lebaran. Prinsip berolahraga, kata dia, adalah dilakukan secara bertahap dari yang paling ringan dan tidak memaksakan kemampuan.

"Mulailah dengan latihan beban bagi yang sudah terbiasa. Kalau yang belum terbiasa bisa mulai lagi dengan mengangkat beban yang sangat ringan," kata Samuel.

Samuel juga mengimbau masyarakat untuk menjaga pola makan sehat, beristirahat yang cukup, dan tidak begadang. Berolahragalah dengan teratur untuk mengembalikan kondisi tubuh yang kelelahan setelah melewati libur lebaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement