Rabu 26 Apr 2023 13:00 WIB

Anda Pengidap Diabetes? Hati-Hati, Cuaca Panas Bisa Pengaruhi Kadar Gula Darah

Pengidap diabetes perlu berhati-hati menjaga kadar gula darahnya saat cuaca panas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
 Seorang turis menggunakan kipas genggam untuk mendinginkan diri saat berkunjung ke Wat Arun, atau Kuil Fajar, di Bangkok, Thailand,  Senin (24/4/2023). Pengidap diabetes cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat daripada orang lain.
Foto:

Di banyak daerah di India, kelembapan juga terjadi bersamaan dengan panas. Ini semakin membuat rencana pengelolaan diabetes menjadi kacau.

Dokter Aniket Mule selaku pakar penyakit dalam dari Wockhardt Hospital, India menyarakan untuk konsultasi dengan dokter. Pasien perlu mendapatkan penyesuaian dosis insulin.

"Cobalah untuk memantau kadar gula darah Anda setidaknya dua hari sekali," ujarnya.

Dokter Tayal menyebut faktor lain yang perlu diingat adalah obat-obatan harus disimpan di tempat teduh. Paparan panas tinggi dapat membuat obat-obatan dan insulin kehilangan khasiatnya hingga berdampak pada kadar gula darah.

Dokter Sandeep Reddy, ahli endokrinologi senior dari Kamineni Hospital, India mengatakan insuli sudah rusak dan tidak boleh digunakan jika terkena panas dan menjadi keruh atau berbutir atau berwarna kecokelatan.

Untuk mencegah insulin rusak akibat panas, sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk. Masukkan ke kulkas atau cool bag.

"Namun, berhati-hatilah, jangan membekukan insulin. Kalau Anda curiga insulin telah rusak, tanyakan terlebih dahulu kepada ahli kesehatan sebelum menggunakannya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement