Rabu 26 Apr 2023 12:00 WIB

Mengenal Penyakit Kawasaki yang Diderita Anak Chikita Meidy

Anak Chikita Meidy menderita penyakit Kawasaki.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Anak sakit (ilustrasi). Putra mantan artis cilik Chikita Meidy menderita penyakit Kawasaki. Kondisinya dikabarkan telah berangsur sembuh.
Foto: www.hippopx.com
Anak sakit (ilustrasi). Putra mantan artis cilik Chikita Meidy menderita penyakit Kawasaki. Kondisinya dikabarkan telah berangsur sembuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan penyanyi cilik Chikita Meidy mengumumkan bahwa anaknya, Javier Raesha Aditya (empat tahun), menderita penyakit Kawasaki. Chikita mengungkapkan hal tersebut ini melalui Instagram Stories-nya, Senin (17/4/2023) lalu.

Sebenarnya, seperti apa Kawasaki disease itu? Dikutip dari laman Mayo Clinic, Selasa (25/4/2023), penyakit Kawasaki menyebabkan pembengkakan (peradangan) di dinding pembuluh darah berukuran kecil hingga sedang yang membawa darah ke seluruh tubuh anak.

Baca Juga

Penyakit Kawasaki umumnya menyebabkan peradangan pada arteri koroner, yang memasok darah kaya oksigen ke jantung. Penyakit ini sebelumnya disebut sindrom kelenjar getah bening mukokutan karena juga menyebabkan pembengkakan pada kelenjar (kelenjar getah bening) dan selaput lendir di dalam mulut, hidung, mata, dan tenggorokan.

Anak-anak dengan penyakit Kawasaki mungkin mengalami demam tinggi, tangan, dan kaki bengkak dengan kulit mengelupas, serta mata dan lidah merah. Tetapi, penyakit ini biasanya dapat diobati, dan sebagian besar anak sembuh tanpa masalah serius jika mereka menerima pengobatan dalam waktu 10 hari setelah serangan.

Gejala

Untuk menerima diagnosis penyakit Kawasaki, seorang anak biasanya akan mengalami demam lebih dari 39 derajat Celsius selama lima hari atau lebih. Selain itu, penyakit juga ditandai oleh beberapa gejala seperti ruam di bagian utama tubuh atau di area genital, pembesaran kelenjar getah bening di leher, mata sangat merah tanpa cairan kental, bibir merah, kering, pecah-pecah dan lidah yang sangat merah dan bengkak.

Gejala lainnya adalah bengkak, kulit merah di telapak tangan dan telapak kaki. Kulit di jari tangan dan kaki juga mengelupas.

Gejalanya mungkin tidak muncul bersamaan jadi penting untuk memberi tahu penyedia layanan kesehatan anak Anda tentang tanda atau gejala yang telah hilang. Tanda dan gejala lain yang mungkin berkembang meliputi sakit perut, diare, rewel, nyeri sendi, muntah, serta anak-anak dengan demam tinggi selama lima hari atau lebih yang memiliki kurang dari empat tanda dan gejala di atas mungkin memiliki penyakit kawasaki yang tidak lengkap.

Anak-anak dengan penyakit kawasaki inkomplit masih berisiko mengalami cedera arteri koroner dan masih membutuhkan pengobatan dalam waktu 10 hari sejak timbulnya gejala. Penyakit kawasaki dapat memiliki gejala yang mirip dengan sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak, yang terjadi di seluruh dunia pada anak-anak dengan Covid-19. Anak-anak dengan gejala ini kemungkinan juga akan diperiksa untuk Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement