Selasa 25 Apr 2023 15:45 WIB

Jangan Konsumsi Makanan-Minuman Ini Saat Cuaca Panas

Makanan dan minuman tertentu dapat membuat tubuh dehidrasi atau kurang terhidrasi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Green smoothies. Kandungan gula dalam green smoothies dapat membuat tubuh kurang terhidrasi. Sebaiknya, makan saja buah potong alih-alih memblendernya.
Foto:

4. Daging yang diawetkan

Mengandung garam dalam jumlah tinggi, daging yang diawetkan juga bisa membuat dehidrasi karena ginjal mencoba memberi kompensasi berlebihan saat Anda makan terlalu banyak garam. Organ akan menarik air dari bagian lain tubuh, membuat Anda kekurangan cairan esensial.

5. Gula

Para ahli mengingatkan, saat Anda mengonsumsi gula, ginjal bereaksi sama seperti saat bertemu garam. Ginjal akan menarik air dari bagian tubuh yang lain karena organ tersebut tidak menginginkan kelebihan gula dalam aliran darah.

Selain makanan, ada juga minuman bermasalah yang bisa memicu dehidrasi. Minuman berkafein, alkohol, dan berenergi termasuk yang perlu dihindari.

Selain itu, minuman yang lain seperti cokelat panas dan smoothie juga berpotensi membuat masalah. Cokelat panas dan smoothie bisa membuat dehidrasi karena kandungan gulanya yang tinggi.

"Ketika Anda menggabungkan banyak buah dan sayuran dan memblendernya, gula yang dilepaskan membuatnya kurang menghidrasi," ujar Forbes Advisor.

Itu sebabnya para ahli merekomendasikan untuk tetap menggunakan buah-buahan potong alih-alih membuatnya menjadi jus. Jika Anda mendambakan cokelat panas, Anda harus minum pilihan rendah gula dan berbahan dasar air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement