Ahad 23 Apr 2023 15:55 WIB

Dokter Kupas Klaim Tiktoker Soal Jadi Jerawatan Gara-Gara Keringkan Wajah dengan Handuk

Beauty influencer di TikTok menyebut mengeringkan wajah dengan handuk picu jerawat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Mencuci muka (ilustrasi). Tiktoker banyak yang mengeklaim bahwa mengeringkan wajah dengan handuk bisa memicu jerawat.
Foto: www.freepik.com
Mencuci muka (ilustrasi). Tiktoker banyak yang mengeklaim bahwa mengeringkan wajah dengan handuk bisa memicu jerawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai hack dan tips perawatan kulit menjadi salah satu isu yang selalu menarik disimak di media sosia. Kini, beberapa influencer kecantikan di TikTok mengeklaim bahwa mengeringkan wajah dengan handuk adalah salah satu penyebab jerawat.

Sebagai gantinya, mereka lebih memilih mengeringkan wajah dengan handuk dan tisu sekali pakai agar lebih steril dan tidak memicu jerawat. Namun, apakah klaim tersebut benar?

Baca Juga

Ivy Lee, dokter spesialis kulit bersertifikat di California, AS, mengatakan bahwa keluhan jerawat yang terkait dengan kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk termasuk jarang terjadi. Walaupun memang betul handuk bisa memperburuk jerawat pada beberapa kasus, ketakutan tersebut tampaknya berlebihan.

"Di tambah lagi, mengeringkan wajah dengan handuk bisa menjadi solusi yang lebih mudah dan lebih terjangkau daripada terus menerus membeli tisu pembersih wajah dalam jumlah banyak," kata dr Lee, seperti dilansir Insider, Ahad (23/4/2023).

Sementara itu, jerawat bisa timbul jika memang handuk yang digunakan kotor atau jarang dicuci. Berikut alasan lain yang bisa menyebabkan jerawat.

1. Menggunakan kembali handuk yang belum dicuci dapat menyebabkan jerawat dan iritasi

Sama seperti sarung bantal, handuk dapat menyimpan bakteri dan menyebabkan jerawat jika tidak dicuci secara rutin. Profesor sekaligus direktur penelitian kosmetik klinis di Mount Sinai Hospital AS, dr Joshua Zeichner, mengatakan bahwa menggunakan kembali handuk kotor bisa membuat kulit terpapar kotoran, minyak, riasan, dan kotoran lainnya.

"Risikonya berlipat ganda jika Anda juga menggunakan handuk yang sama untuk semua hal, termasuk menyeka wajah, mengeringkan tubuh, dan menyeka keringat setelah berolahraga," kata dr Zeichner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement