Jumat 21 Apr 2023 04:35 WIB

Pakai Baju Olahraga yang Belum Dicuci, Waspadai Konsekensi Buruknya Bagi Tubuh

Baju yang digunakan saat olahraga akan menyerap keringat dan bakteri.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Olahraga (ilustrasi). Memakai kembali baju olahraga yang belum dicuci mendatangkan dampak negatif bagi tubuh.
Foto: www.freepik.com
Olahraga (ilustrasi). Memakai kembali baju olahraga yang belum dicuci mendatangkan dampak negatif bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Saat "kehabisan" baju olahraga, sebagian orang mungkin tergoda untuk menggunakan ulang baju olahraga yang sudah digunakan sebelumnya dan belum dicuci. Meski terlihat sepele, tindakan ini ternyata dapat membawa empat konsekuensi yang merugikan.

Penasihat medis Speediance, Danielle Kelvas, mengatakan bahwa baju yang digunakan saat olahraga akan menyerap keringat dan bakteri. Bila baju ini digunakan kembali sebelum dicuci, kulit akan terpapar oleh bakteri yang menempel di baju. Oleh karena itu, Kelvas menganjurkan orang-orang untuk selalu mencuci pakaian olahraga mereka sebelum digunakan kembali, baik itu bra olahraga, legging, celana pendek, atau jenis pakaian olahraga lain.

Baca Juga

Bila tetap menggunakan ulang baju olahraga yang belum dicuci, Kelvas dan sejumlah ahli lain mengatakan ada empat konsekuensi yang mungkin akan terjadi. Berikut ini adalah keempat konsekuensi tersebut, seperti dilansir Best Life, beberapa waktu lalu:

1. Bau tak sedap

Baju olahraga yang belum dicuci kemungkinan akan mengeluarkan bau yang sangat tak sedap. Bau ini muncul karena bakteri bisa bertumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap seperti baju olahraga.

"Inilah mengapa baju olahraga yang belum dicuci bisa mengeluarkan bau tak sedap yang kuat," ujar ahli dermatologi dan Direktur Medis MDacne, Yoram Hart MD.

2. Tingkatkan risiko infeksi

Bakteri dan jamur yang bertumbuh subur pada lingkungan seperti pakaian olahraga bekas pakai bisa meningkatkan risiko infeksi. Beberapa risiko infeksi yang mungkin terjadi adalah ringworm, kutu air atau athlete's foot, serta infeksi Staph.

"Infeksi-infeksi ini bisa menyulitkan untuk diobati dan dapat memicu komplikasi lebih lanjut," lanjut CEO Balance 7, Ahmad Nooristani MD.

Ragi dari kulit juga bisa menempel dan menumpuk pada pakaian olahraga yang sudah digunakan. Bila pakaian ini digunakan tanpa dicuci, kulit bisa lebih rentan terhadap infeksi ragi, terutama kulit di area selangkangan bila menggunakan legging bekas pakai.

3. Iritasi kulit

Bukan hal yang mengejutkan bila kulit menjadi kemerahan dan/atau gatal setelah menggunakan pakaian olahraga bekas yang belum dicuci. Iritasi kulit bisa terjadi karena bakteri, jamur, dan ragi memecah makanan mereka yaitu keringat, minyak tubuh, dan kotoran di pakaian olahraga bekas pakai.

"Saat mereka memecah keringat dan minyak, mereka memproduksi zat iritan yang bisa menyebabkan ruam," kata ahli dermatologi dari VIDA Wellness and Beauty, Alberto de la Fuente Garcia.

4. Jerawat

Penggunaan pakaian olahraga bekas yang belum dicuci, seperti bra olahraga atau tank top, juga perlu dihindari karena bisa memicu timbulnya jerawat. Menurut ahli dermatologi dan peneliti My Eczema Team, Enrizza P Factor MD, beragam bakteri, minyak, hingga sel kulit mati yang menempel pada pakaian bisa berkontak dengan kulit dan menyumbat serta mengiritasi pori-pori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement