Kamis 20 Apr 2023 16:50 WIB

Bukan Cuma Menggulung Pakaian, Ini Cara Terbaik Mengepak Barang Bawaan Saat Mudik

Mengemas pakaian dengan benar dapat menghemat ruang di kopor.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Mudik bersama keluarga (ilustrasi). Mengepak koper dapat menjadi tantangan tersendiri saat bersiap mudik.
Foto: Republika/Prayogi
Mudik bersama keluarga (ilustrasi). Mengepak koper dapat menjadi tantangan tersendiri saat bersiap mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penumpang yang bepergian dengan pesawat harus memeriksa kesesuaian tas atau koper yang dibawanya dengan persyaratan berat dan ukuran maskapai yang dinaiki. Hal ini dilakukan untuk menghindari biaya tambahan di bandara.

Inilah yang membuat mengemas pakaian dan barang bawaan lainnya terlihat seperti tantangan. Di forum Reddit, seorang pengguna dengan nama akun Phxflyer membagikan tip yang disampaikan oleh awak kabin, yakni dengan menggulung pakaian.

Baca Juga

Dilansir Express, Kamis (20/4/2023), menggulung adalah salah satu metode pengepakan yang sering direkomendasikan untuk bisa menghemat tempat. Jika dilakukan dengan benar, itu bahkan dapat membantu mengurangi kerutan pada pakaian.

"Saya bisa mengemas pakaian untuk 12 hingga 14 hari dalam tas jinjing jika saya menggulungnya. Seorang pramugari memberi tahu saya tentang hal itu dan saya sudah mencobanya," kata Phxflyer.

Metode ini manjur karena menggulung berarti mengeluarkan udara dari antara lipatan pakaian, memungkinkan Anda memanfaatkan ruang yang tersedia sebaik-baiknya. Namun, menurut para ahli, kiat ini hanya berfungsi jika Anda menggulung dengan benar.

Pakar dari Travel+Leisure mengatakan kuncinya adalah mempraktikkan sesuatu yang disebut "Ranger Rolling". Untuk menggulung pakaian dengan benar, letakkan pakaian di permukaan yang datar.

Lalu, lipat bagian bawah sekitar dua inci atau sekitar lima sentimeter dari ujung dalam ke luar sehingga menciptakan semacam saku di salah satu sisi pakaian.

"Dari ujung yang berlawanan, gulung pakaian dengan erat hingga Anda mencapai saku yang telah Anda buat. Lipat satu sisi saku di atas gulungan, kencangkan dengan erat," ujar pakar Travel+ Leisure.

Kiat kedua adalah menyamarkan kelebihan tas jinjing dengan memasukkannya ke bantal leher. Salah satu influencer TikTok mengungkapkan kiat ini memungkinkan penumpang dapat memasukkan beberapa pakaian ekstra ke dalam pesawat tanpa melebihi batasan berat atau ukuran tas jinjing mereka.

Jadi, alih-alih memilih bantal leher yang empuk, carilah bantal leher yang bisa diisi. Anda bisa mengisinya dengan pakaian yang lembut dan mudah disisipkan.

Selain itu, Anda menghemat ruang dengan wadah pakaian yang dinamakan packing cubes. Anggota awak kabin Rhiannon Corbett menjelaskan caranya memanfaatkan packing cubes.

"Saya suka menggunakan kantong untuk pakaian dan sepatu saya karena membuat semuanya teratur dan tidak ada yang berceceran saat bepergian," jelasnya.

Corbett biasanya mengemas kosmetiknya ke dalam tas atau kantong bening. Dengan begitu, dia bisa melihat semua yang sudah miliki dan tidak perlu membongkar terlalu banyak saat sampai di tempat tujuan.

Packing cubes tidak hanya membuat koper lebih teratur, tetapi juga dapat membantu memastikan Anda memaksimalkan ruang yang tersedia. Packing cubes juga relatif murah.

Kiat lainnya adalah menggunakan kantong ziploc. Kantong ini tidak hanya penting untuk mengangkut barang-barang cair di tas jinjing, tetapi juga berfungsi sebagai paket vakum darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement