Ahad 23 Apr 2023 10:02 WIB

Langsung Ngecek Ponsel Setelah Bangun Tidur? Hati-Hati, Rentan Bikin Stres

Kebanyakan orang langsung mengecek ponsel setelah bangun tidur.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita tidur dengan HP di sampingnya (ilustrasi). Kebiasaan mengecek HP sesaat setelah bangun tidur sebaiknya dihindari karena rentan membuat stres,
Foto: www.freepik.com.
Seorang wanita tidur dengan HP di sampingnya (ilustrasi). Kebiasaan mengecek HP sesaat setelah bangun tidur sebaiknya dihindari karena rentan membuat stres,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang Anda lakukan pertama kali setelah bangun tidur? Beberapa orang akan pergi ke toilet atau minum air. Namun, bagi kebanyakan orang, mereka lebih menyukai mengecek ponsel setelah bangun tidur.

Anda tidak menyadari mengecek ponsel bisa memakan waktu banyak. Dari hanya ingin membalas beberapa pesan bisa beralih menggulir beranda media sosial. Tanpa sadar Anda telah menghabiskan lebih dari 30 menit.

Baca Juga

Terapis dan pemilik Act2Change Therapy & Wellness Center di Atlanta, Annisa Pirasteh, mengatakan, kebiasaan mengecek ponsel setelah bangun tidur berisiko terpapar informasi negatif atau stres. Nantinya ini dapat menyebabkan kekhawatiran dan stimulasi berlebihan.

“Kebiasaan ini merampas kesempatan kami untuk mulai pagi dengan diri sendiri, jauh dari kebisingan dunia. Kita pantas mendapat waktu untuk memulai hari dengan mendengar pikiran sendiri dan merasakan perasaan sendiri,” kata Pirasteh.

 

Berikut cara menghentikan kebiasaan seperti dilansir Huff Post, Senin (17/4/2023) waktu setempat:

1. Gunakan jam alarm bukan dari ponsel Anda

Psikolog dan spesialis kesejahteraan Inggris, Lee Chambers, menyarankan, agar lebih baik menggunakan jam alarm yang bukan dari ponsel. “Menggunakan jam alarm yang bukan perangkat multifungsi menghilangkan godaan untuk menggunakan semua fiturnya,” kata Chambers.

Anda bisa membeli jam yang sederhana dan tidak terlalu mahal. Bergantung pada model, terkadang suaranya lebih lembut yang akan membangunkan Anda secara bertahap.

2. Simpan ponsel di ruangan lain pada malam hari

Saat tidak mengandalkan ponsel untuk membangunkan Anda, Anda dapat meninggalkannya di tempat lain. Cara ini akan mengurangi kemungkinan Anda meraihnya pada pagi hari.

“Pilihan bermanfaat lainnya adalah mematikan telepon Anda dan meninggalkannya di ruangan lain sehingga tidak terlihat,” kata pelatih eksekutif Naz Beheshti.

Menurut Chambers, meletakkan ponsel di tempat lain pada malam hari akan membuat Anda tidak menggulir aplikasi sebelum tidur. Ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

3. Pilih kebiasaan pagi yang buat Anda bersemangat

Anda bisa mulai kebiasaan pagi yang membuat bersemangat agar perhatian Anda teralihkan dari bermain gawai. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah membuat secangkir teh, menulis di jurnal, atau membaca buku.

Jika memiliki anak, Anda dapat menyetel alarm 15 menit sebelum anak Anda biasanya bangun sehingga Anda dapat melakukan peregangan cepat atau meditasi. Intinya, Anda mengganti kebiasaan bermain gawai dengan kebiasaan yang lebih sehat.

4. Ubah layar kunci dan layar beranda ponsel

Ada beberapa perubahan mudah yang dapat Anda terapkan yang sangat membantu jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan telepon Anda sebagai jam alarm. Salah satu caranya adalah memilih layar kunci atau gambar yang mendorong perlawanan.

“Ini bisa menjadi kutipan inspirasional atau pertanyaan yang menanyakan apakah sudah melewati waktu tertentu yang menunjukkan kapan Anda boleh menggunakan telepon. Dengan menyesuaikan wallpaper atau layar kunci, Anda membuat isyarat visual yang membuat Anda berpikir dua kali sebelum menggunakan ponsel tanpa berpikir di pagi hari,” kata ahli strategi produktivitas Mike Vardy.

5. Siapkan akses batasan aplikasi

Anda dapat menggunakan pengaturan bawaan di ponsel untuk membatasi akses ke aplikasi tertentu pada waktu yang ditentukan setiap hari. Baik iPhone atau Android, Anda bisa menyetelnya sendiri.

“Dengan membatasi akses ke aplikasi tertentu, seperti media sosial atau email, Anda menciptakan penghalang yang menghambat penggunaan ponsel,” ujar Vardy.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement