Sabtu 15 Apr 2023 22:52 WIB

Pasangan Sering Main HP, Anda Patut Curiga Jika Ada Tanda Ini

Para ahli mengatakan, penting untuk memperhatikan penggunaan ponsel pasangan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Seeorang menggunakan ponsel (ilustrasi). Sangat penting untuk memperhatikan penggunaan ponsel pasangan suami atau istri.
Foto: www.freepik.com
Seeorang menggunakan ponsel (ilustrasi). Sangat penting untuk memperhatikan penggunaan ponsel pasangan suami atau istri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ponsel atau handphone (HP) memainkan peran pentig dalam hubungan modern. Dari mengirim pesan dan menelepon hingga media sosial, kita semua menggunakannya untuk tetap berhubungan dengan orang lain, baik mereka yang dekat maupun jauh.

Di sisi lain, ponsel juga bisa menyebabkan masalah dalam hubungan rumah tangga. Itu sebabnya para ahli mengatakan sangat penting untuk memperhatikan penggunaan ponsel pasangan suami atau istri. Kebiasaan dan aktivitas tertentu dapat menimbulkan masalah.

Baca Juga

"Cara pasangan Anda menggunakan ponsel dapat memberikan wawasan berharga tentang keadaan pikiran mereka," ujar seorang psikoterapis klinis dan CEO dari Holistic Wisdom, Lisa Lawless, seperti dilansir laman Best Life, Rabu (13/4/2023).

Dalam beberapa hal, itu bisa mengukur seberapa sehat hubungan Anda dan hal-hal yang mungkin perlu ditangani. Tapi itu tidak berarti semua perilaku ponsel tersebut malapetaka bagi hubungan Anda dan pasangan.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah empat peringatan atau "bendera merah" yang perlu Anda perhatikan:

1. Pasangan memegang ponsel sepanjang waktu

Beberapa orang menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel mereka dibandingkan yang lain dan itu tidak masalah. "Tetapi jika Anda memperhatikan bahwa pasangan lebih sering terpaku pada layar mereka daripada biasanya akhir-akhir ini, itu bisa menjadi tanda bahaya," ujar kepala petugas klinis di Real, Rachel Hoffman.

2. Pasangan menyembunyikan ponselnya segera setelah Anda memasuki ruangan

Menurut terapis hubungan Laurel Steinberg, perlu diperhatikan jika pasangan Anda sangat tertutup dengan ponselnya. Misalnya, mereka menyembunyikannya atau mematikan layar setiap kali Anda mendekat. Ada kemungkinan pasangan menyembunyikan sesuatu dari Anda seperti kecanduan judi, pesan pendek yang tidak pantas, atau hal lainnya.

3. Pasangan sibuk dengan ponsel saat Anda mencoba bersenang-senang

Tak masalah jika pasangan Anda sesekali menelusuri Instagram atau menjawab pesan saat Anda hanya nongkrong di ruang tamu atau menonton pertunjukan di tempat tidur. Tetapi jika sepertinya pasangan tidak pernah dapat sepenuhnya hadir dengan Anda apa pun yang kalian lakukan bersama, atau pasangan lebih tertarik pada apa yang terjadi di ponselnya, Steinberg mengatakan itu perlu dikhawatirkan.

Perlu digarisbawahi, ini tidak berarti pasangan Anda berselingkuh atau tidak tertarik menghabiskan waktu bersama Anda. Steinberg mencatat, ini dapat mengindikasikan ada sesuatu yang salah di tempat kerja, yang tentu saja ingin Anda ketahui sehingga Anda dapat mendukungnya.

4. Pasangan menjadi defensif tentang penggunaan ponselnya

Katakanlah Anda mengonfrontasi pasangan tentang kebiasaan ponselnya, entah itu seberapa sering dia menggunakan ponselnya atau cara dia menyembunyikan ponselnya dari Anda. "Jika pasangan Anda merespons dengan defensif, itu adalah tanda bahaya lainnya," kata Lawless.

Ini mungkin menunjukkan bahwa pasangan Anda tahu dirinya melakukan hal salah tetapi tidak dapat mengakuinya. Atau, itu mungkin hanya menunjukkan keengganannya untuk memvalidasi perasaan Anda dan menyesuaikan perilaku mereka sesuai kebutuhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement